Telat Sahur? Konsumsi 5 Makanan Praktis Ini Bisa Jadi Penyelamat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 12 Mei 2021 03:00 WIB
Fruit smoothie with mint leaves on wooden rustik table
Foto: iStock
Jakarta -

Di hari-hari terakhir ramadhan, sering kali banyak orang telat sahur. Jika masih punya waktu 5-10 menit, kamu masih bisa mengonsumsi lima makanan praktis ini.

Telat sahur banyak dialami orang di hari-hari terakhir berpuasa. Jika di awal-awal ramadhan mereka bangun tepat waktu, berbeda ketika ramadhan hendak berakhir dimana banyak orang sulit bangun sahur.

Saat telat sahur, namun masih punya waktu sekitar 5-10 menit, sebenarnya kamu masih bisa mengisi perut dengan makanan praktis ini. Selain membuatnya praktis, makanan ini cukup bernutrisi dan mengenyangkan.

Dilansir detikfood dari Unreserved (11/5), berikut rekomendasi 5 makanan praktis yang bisa jadi penyelamat saat kamu telat sahur:

1. Kurma

Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan?Foto: iStock

Kurma merupakan makanan ramadhan yang serba guna. Kurma bisa dijadikan takjil saat buka puasa, camilan di malam hari, hingga 'pengganjal' perut ketika sahur.

Ketika kamu telat sahur, langsung saja makan beberapa butir kurma. Tanpa dimasak atau disiapkan, kamu bisa langsung merasa kenyang setelah makan kurma.

Kurma mengandung gula alami yang bisa memberi dorongan energi. Kurma juga tinggi serat sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Kurma yang Tak Pernah Absen Saat Bulan Ramadhan

2. Yogurt

Banyak orang suka menyimpan yogurt di kulkas sebagai stok makanan sehat. Makanan tinggi prebiotik ini juga bisa jadi andalan saat kamu telat sahur.

Tinggal membuka kemasannya, yogurt bisa langsung dimakan. Kalau kamu punya buah segar atau granola, tambahkan juga ke dalam yogurt agar lebih bernutrisi dan mengenyangkan. Untuk pilihan terbaik, Greek yogurt patut jadi pilihan karena tinggi protein. Hindari membeli yogurt kemasan yang gula tambahannya terlalu banyak.

Baca Juga: Yogurt untuk Diet dan Manfaatnya bagi Kesehatan

3. Roti panggang

Saat telat sahur, jangan langsung panik. Coba perhatikan stok makanan yang ada di rumah untuk diolah. Kalau ada roti, buatlah roti panggang. Tinggal oles mentega dan masak di wajan, roti panggang pun siap dimakan. Cara lebih praktis lainnya adalah menggunakan toaster jika ada.

Sajikan roti panggang bersama selai kacang, irisan pisang, dan siraman madu. Dijamin rasanya enak, nutrisinya berlimpah, dan mengenyangkan!

Baca Juga: Cukup 3 Bahan Bisa Bikin Roti Panggang Keju dan Bawang yang Renyah

4. Telur

Ini 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy SempurnaFoto: Getty Images/iStockphoto

Telur selalu jadi andalan saat kamu sedang tidak ada makanan di rumah. Pun untuk urusan telat sahur, segera saja olah telur jadi masakan favoritmu.

Kamu bisa membuat telur jadi telur orak-arik, omelet, telur mata sapi, atau bahkan telur rebus. Kandungan protein yang tinggi pada telur sangat baik untuk menciptakan rasa kenyang yang tahan lama.

Baca Juga: Malas Masak? 5 Resep Telur Praktis Ini Bisa Jadi Sajian Enak

5. Smoothies

Sudah telat sahur, namun malas makan berat? Cobalah racik smoothies yang praktis. Tidak butuh waktu lama, kamu tinggal mencampurkan buah, sayur, atau bahan makanan favorit lainnya ke dalam blender.

Kalau mau tekstur creamy, sebaiknya masukkan irisan pisang beku. Lalu tambahkan juga susu segar jika suka. Segera konsumsi smoothies untuk mendapatkan pasokan energi, vitamin, dan mineral dalam waktu cepat.

Baca Juga: 7 Resep Smoothies Buah yang Enak dan Sehat

(adr/odi)