9 Manfaat Buah Kurma yang Tak Pernah Absen Saat Bulan Ramadhan

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 17 Apr 2020 20:00 WIB
Ilustrasi kurma Manfaat buah kurma. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Buah kurma sudah ditemukan sejak ribuan tahun lalu. Buah kurma juga sering dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Mengonsumsi buah kurma setiap hari ternyata dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Kurma juga memiliki rasa yang manis legit. Sehingga bisa dijadikan sebagai pembangkit energi di kala berbuka puasa. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi tiga buah kurma setiap hari.


Allah SWT juga memberikan keistimewaan pada buah kurma, yang tertuang dalam firman-Nya:

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Latin: Wa huzzī ilaiki bijiż'in-nakhlati tusāqiṭ 'alaiki ruṭaban janiyyā

Artinya: "Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu." (QS. Maryam: 25).

Berikut beberapa manfaat kurma yang dikutip dalam NDTV:

1. Menurunkan Kolesterol


Tahukah kamu kalau kurma bebas dari kolesterol dan tak mengandung lemak? Mengonsumsi kurma dalam jumlah yang tak berlebihan dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan bahkan membantu penurunan berat badan. Buah kurma enak dikonsumsi utuh ataupun dibuat menjadi jus.

2. Kaya Protein


Kurma mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh. Menambahkan beberapa kurma dalam diet kamu bisa membantu tubuh tetap bugar dan bahkan menjaga otot tetap kuat. Selain putih telur, ternyata kurma juga sering dikonsumsi bagi orang yang gemar gym dan rutin mengonsumsinya.

Manfaat buah kurma. Manfaat buah kurma. Foto: shutterstock

3. Mengandung Vitamin


Kurma mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5 serta A1 dan C. Jika kamu mengonsumsi beberapa kurma setiap hari, tidak perlu konsumsi suplemen vitamin. Tidak hanya membuat tubuh makin sehat tetapi juga meningkatkan energi. Karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa yang berfungsi sebagai camilan sehat.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Kurma juga dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan tulang. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium dan semua kandungan ini sangat diperlukan untuk tulang agar tetap sehat dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

5. Memperkuat Sistem Saraf


Kurma mengandung kalium dengan sedikit kandungan natrium dan ini sangat membantu menjaga sistem saraf. Kalium membantu mengurangi kolesterol dan menjaga risiko stroke.

Manfaat buah kurma.Manfaat buah kurma. Foto: istimewa

6. Kaya Zat Besi


Selain mengandung fluor yang dapat menjaga gigi sehat. Kurma juga mengandung zat besi yang sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita kekurangan zat besi. Seseorang yang anemia berarti mengalami kekurangan zat besi sehingga menyebabkan kelelahan hingga sesak napas. Kurma sangat bagus untuk membantu atasi anemia.

7. Menyehatkan Pencernaan


Jika kamu merendam beberapa kurma dalam air dan mengunyahnya setiap hari, tentu sistem pencernaan akan sangat baik. Karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga kurma direkomendasikan dapat mengatasi masalah sembelit.

8. Menjaga Kesehatan Kulit


Vitamin C dan D bekerja pada elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap halus. Jika kamu mengalami masalah kulit, masukkan kurma ke dalam diet dan gunakan dalam jangka panjang. Minuman yang dibuat dengan campuran kurma bermanfaat sebagai anti penuaan dan mencegah penumpukan melanin di tubuh.

9. Tinggi Antioksidan


Kurma mengandung serat dan antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas. Flavonoid yang terkandung dalam buah kurma ajwa ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi risiko diabetes dan penyakit alzheimer. Dan karotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata. Serta asam fenolik dalam buah kurma dapat menurunkan risiko kanker.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)