Hukum Muntah saat Berpuasa Menurut Islam

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 08 Mei 2021 04:00 WIB
Hukum Muntah saat Berpuasa Menurut Islam Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu sering mengalami mual hingga muntah saat berpuasa. Namun, apakah hal tersebut bisa membatalkan puasanya?

Terjadinya muntah saat berpuasa disebut juga sebagai gangguan kesehatan. Kondisi tersebut disebabkan karena pola makan yang berubah dari biasanya.

Mengingat saat berpuasa, kita hanya makan di dua waktu, yaitu saat sahur di dini hari dan saat berbuka saat matahari terbenam. Berbeda dari biasanya di mana waktu makan yaitu, pagi, siang dan malam hari.

Nah, karena kondisi itu, sistem pencernaan dalam tubuh kemudian mencoba beradaptasi dengan pola makan yang baru. Maka tak heran perut akan merasa mual, lalu memuntahkan makanan yang sudah masuk ke perut.

Lantas bagaimana hukum puasanya menurut Islam? Apakah muntah saat berpuasa dapat membatalkan puasanya? Untuk menjawab hal tersebut ada dua penjelasan, yaitu bisa jadi batal dan bisa juga tidak.

Baca Juga : Bolehkan Makan dan Minum Setelah Imsak? Ini Jawabannya

1. Hadist tentang Muntah saat Berpuasa

Hukum Muntah saat Berpuasa Menurut IslamHukum Muntah saat Berpuasa Menurut Islam Foto: iStock

Kondisi muntah saat berpuasa telah diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW lewat sebuah hadist. Hadist tersebut berbunyi:

"Barangsiapa muntah dengan tidak sengaja, jika ia sedang berpuasa maka tidak wajib qadha atasnya, Dan barangsiapa muntah dengan sengaja maka wajib qadha,".

Qadha yang dimaksud adalah mengganti puasa di lain waktu. Hadist tersebut diriwayatkan oleh Abu Dud, Ibu Majah dan Trimidzi.

Menurut Al-Hafizh Abu Thahir, sanad hadist ini adalah dha'if atau lemah. Sementara Syaikh Al-Albani menyebut bahwa hadist ini adalah shahih atau sah.

Dalam artian, hadist ini menyebut bahwa muntah yang tidak sengaja, maka puasanya tidak bakal. Namun, jika muntah sengaja maka puasanya dinyatakan batal.

Baca Juga : Ikuti Sunnah Sahur Rasulullah Supaya Puasa Lancar dan Penuh Berkah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com