Disebut Bau Busuk, 5 Makanan Ini Malah Diburu Banyak Orang

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 06:00 WIB
Disebut Bau Busuk, 5 Makanan Ini Malah Diburu Banyak Orang Foto: SiteNews
Jakarta -

Aroma tajam menyengat, membuat banyak orang menyebut makanan-makanan ini memiliki bau busuk. Meski begitu makanan ini tetap diburu oleh penggemarnya.

Punya aroma yang khas seperti bau busuk, tidak menyurutkan kecintaan orang-orang beberapa jenis makanan unik ini.

Makanan-makanan ini justru semakin populer dan dicari, karena aroma busuknya yang terkadang membuat orang pingsan hingga muntah. Selain aroma busuknya yang bikin penasaran, rasanya juga disebut enak.

Mulai dari stinky tofu atau tahu beraroma busuk yang populer di Taiwan. Kemudian ada mie siput dengan aroma fermentasi rebung yang kontroversial di China, dan masih banyak lagi.

Berikut lima makanan dengan bau busuk yang dicintai banyak orang.

1. Durian

Satu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air lautSatu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air laut Foto: iStock

Kontroversial namun populer di Asia Tenggara. Durian disebut memiliki aroma busuk yang tajam. Tentunya aroma busuk ini berbeda dengan apa yang orang-orang bayangkan.

Durian memiliki aroma tajam yang menyengat. Aroma ini seringkali disangka sebagai aroma gas, makanan yang membusuk hingga kaus kaki yang tidak sedap.

Dalam beberapa kasus, aroma durian sempat membuat heboh. Seperti kejadian di perpustakaan yang ada di University of Canberra, Australia. Ada 550 orang yang harus dievakuasi, setelah mereka mengira ada gas bocor. Ternyata aroma gas itu berasal dari kulit durian.

Baca Juga: Gara-gara Aroma Durian Dikira Gas Bocor, Ratusan Orang Dievakuasi dari Perpustakaan

2. Stinky Tofu

Stinky tofuStinky tofu Foto: Site News

Tak kalah kontroversial dari durian. Ada stinky tofu, atau tahu beraroma tak sedap yang populer jadi cemilan di China dan Taiwan.

Karena baunya yang menyengat, ada yang menyebut jika penjual stinky tofu bisa dicari hanya dengan menggunakan indera penciuman. Bahkan saking baunya, ada yang menjuluki stinky tofu dengan sebutan baby poo alias kotoran bayi.

Karena aroma busuknya ini, ada pabrik stinky tofu yang rela membayar karyawan dengan harga mahal.
Karyawan yang mampu menahan aroma busuk saat bekerja membuat tahu ini, ditawarkan gaji sebesar 10.000 yuan atau setara dengan Rp 21 juta per bulannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Kreasi Camilan Manis dari Pisang dan Nangka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com