Aroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di China

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 01 Mei 2021 18:00 WIB
Aroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di China Foto: SCMP/Site News
Jakarta -

Mirip seperti durian, di China ada satu hidangan mie penuh kontroversi. Mie siput ini dikenal memiliki aroma busuk menyengat yang bikin mual, tapi digemari banyak orang.

Jika durian dibenci karena aroma tajam menyengat yang bikin kepala pusing. Mirip dengan mie siput asal China, yang aromanya mirip seperti makanan busuk tapi penggemarnya di mana-mana.

Baca Juga: Mirip Spons Cuci Piring yang Sudah Busuk, Kue Ini Ngetren di China

Dilansir dari SCMP (30/04), mie siput atau luosifen merupakan hidangan khas China yang menimbulkan pro dan kontra karena aromanya. Mie yang terbuat dari tepung beras ini, sering membuat orang yang menciumnya menjadi mual.

Aroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di ChinaAroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di China Foto: SCMP/Site News

Banyak orang China yang setuju, bahwa luosifen dan durian memiliki kesamaan di bidang aroma. Mereka yakin orang-orang akan ketagihan menyeruput mie siput ini, jika sudah biasa dengan aroma busuk yang menyengat penciuman.

Tak hanya warga China saja yang memuji kelezatan mie aroma busuk ini. Bahkan President China, Xi Jinping mengungkapkan rasa cintanya pada kuliner unik yang satu ini. Ketika dia mengunjungi salah satu pabrik luosifen di Liuzhou.

Makanan ini sudah ada sejak dulu, tapi belakangan ini popularitasnya kian meningkat. Setelah banyak anak-anak muda di China yang menyantap mie ini lagi.

Kalau tidak biasa dengan aromanya, siap-siap muntah atau mual. Karena menurut deskripsinya, aroma dari mie siput yang baru saja dimasak, bisa memenuhi satu restoran penuh hingga menyebar keluar restoran.

Aroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di ChinaAroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di China Foto: SCMP/Site News

"Mungkin aromanya memang bau dan bikin mual, tapi rasa dari mie ini enak sekali," tulis salah satu penggemar luosifen.

Banyak yang mengira bahwa bau busuk dari mie ini berasal dari siput. Padahal aroma tak sedap datang dari rebung yang telah difermentasi menggunakan resep rahasia.

Kunci kelezatannya itu terletak pada rebungnya. Rasanya sedikit asam, ketika digigit tetap segar dan pastinya bikin nagih.

"Dulu setiap kali saya makan luosifen di rumah, pasti semua orang di keluarga saya akan menjauhi saya karena aromanya. Bahkan saya pernah diusir disuruh makan luosifen di luar saja, dan tak boleh menggunakan alat makan lain. Karena aroma busuknya itu masih tertinggal meski sudah dicuci," curhat salah satu netizen asal China.

Aroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di ChinaAroma Busuknya Bikin Mual, Mie Siput Ini Malah Disukai di China Foto: SCMP/Site News

Lucunya lagi, luosifen ini sering menjadi sumber masalah seperti durian. Pada tahun 2019 lalu contohnya. Seorang mahasiswa asal China harus membaya denda sebanyak 40 euro (Rp 700.000), karena tertangkap memasak luosifen di Italia.

Sang tetangga menghubungi polisi, karena mereka berpikir bahwa mahasiswa ini tengah menciptakan senjata berbahaya.

Kini luosifen tak hanya bisa dinikmati di China saja. Banyak produsen yang menjual versi instannya, dengan kisaran harga terjangkau. Sekitar 6-15 yuan (Rp 14.000 - Rp 33.500) per bungkusnya.

Tak hanya di China, Taiwan juga punya hidangan beraroma busuk yang masih digemari sampai sekarang. Namanya stinky tofu, atau dikenal juga dengan tahu busuk yang punya aroma menyengat.

Baca Juga: Meski Tahu Ini Beraroma Busuk, Kudapan Taiwan Ini Justru Diburu Orang



Simak Video "Nostalgia Kuliner Tempo Dulu Khas Jateng-Jatim di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com