11 Bumbu Opor Ayam Lebaran yang Wajib Diracik Agar Rasanya Gurih Enak

Odilia WS - detikFood Senin, 03 Mei 2021 10:00 WIB
11 Bumbu Opor Ayam Lebaran Foto: detikfood/Odilia
FOKUS BERITA Menu Lebaran Spesial

6. Kunyit

Jika memakai kunyit opor ayam akan menjadi opor kuning. Pilih umbi kunyit yang tua agar warna kuningnya cantik. Kunyit juga berfungsi sebagai antiinflamsi.

Gunakan sekitar 3 cm kunyit untuk bumbu 1 ekor ayam. Jika tak ada kunyit segar bisa dipakai kunyit bubuk. Untuk opor ayam putih tak usah memakai kunyit.

7. Daun Jeruk

Daun jeruk purut memberi aroma wangi yang menyegarkan pada opor ayam. Ini penting sekali karena opor dimasak dengan kuah santan yang gurih. Tambahkan 2-3 lembar daun jeruk dalam opor agar aromanya lebih harum.

8. Daun Salam

Seperti daun jeruk, daun salam juga memberi aroma enak pada opor ayam. Bisa dipakai daun salam segar atau daun salam kering. Rebus bersama bumbu agar aroma harumnya meresap.

11 Bumbu Opor Ayam Lebaran11 Bumbu Opor Ayam Lebaran Foto: detikfood/Odilia

9. Merica

Rasa pedas panas dari merica memberi aksen enak pada opor ayam. Karena opor ayam dimasak tanpa cabe. Merica butiran akan memberi rasa pedas yang lebih menyegarkan daripada merica bubuk.

10. Jinten

Rasa 'pedas' jinten dibarengi aroma segarnya menjadi penyela rasa gurih bumbu opor. Apalagi setelah dimasak dengan santan yang gurih. Jika suka bisa ditambahkan sedikit jinten dalam bumbu halus opor.

11. Serai

Aroma serai seperti paduan lemon dan jahe sangat ideal sebagai penyeimbang bumbu gurih opor. Selain itu juga memberi aroma wangi pada opor ayam. Pilih serai yang bonggolnya sedang dan memarkan sebelum direbus bersama santan dan bumbu lainnya.

Jika mau meracik opor ayam sendiri, kamu bisa meracik opor ayam kuning dengan resep INI !

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)
FOKUS BERITA Menu Lebaran Spesial
FOKUS BERITA Menu Lebaran Spesial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com