Logo McDonald's Satu-satunya di Dunia yang Tidak Berwarna Kuning

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 02 Mei 2021 07:00 WIB
Logo McDonald’s Satu-satunya di Dunia yang Tidak Berwarna Kuning Foto: Alamy Stock Photo via Mirror.co.uk
Jakarta -

McDonald's (McD) identik dengan logo berwarna kuning dan berlatar merah. Tapi ada satu gerai McD di dunia yang logo huruf M-nya bukan berwarna kuning, melainkan biru. Kenapa ya?

Menjadi jaringan restoran fast food global, keberadaan McD di seluruh dunia begitu mudah dikenali. Orang-orang langsung tahu kalau restoran tersebut McD, hanya dari melihat logo huruf M berwarna kuning terang yang disandingkan dengan latar merah.

Bukan tanpa alasan McD membuat logo ikoniknya berwarna kuning dan merah. Dari sisi psikologis, kedua warna ini memiliki pengaruh untuk konsumen.

Warna kuning dikaitkan dengan rasa bahagia dan warna yang paling mencolok ketika dilihat siang hari. Lalu warna merah memiliki sifat merangsang yang berkaitan dengan sifat aktif. Hal ini meningkatkan denyut jantung yang meningkatkan nafsu makan.

Ljubljana, Slovenia - September 3, 2011: Close-up of McDonalds outdoor sign with  typical rounded yellow M letter against cloudless blue sky. Sign is positioned on the left side of image.Logo McDonald's yang ikonik Foto: iStock

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Logo McDonald's Berwarna Kuning dan Merah

Paduan kedua warna terang ini juga begitu mencolok sehingga orang-orang dengan mudah mengenali keberadaan McD di suatu tempat. Besar kemungkinan, mereka akan mampir juga karena daya tarik dari segi warna itu.

Namun ada satu gerai McD di dunia yang tidak memakai huruf M berwarna kuning sebagai logonya. Gerai ini ada di Sedona, Arizona yang sampai sekarang jadi spot menarik untuk para turis.

McD di sini buka tahun 1993 dengan logo M berwarna biru muda. Dikutip dari Mirror.co.uk (1/5), hal ini sengaja dilakukan oleh pengembang McD kala itu.

Baca Juga: CEO McDonald's Makan Menu McD Tiap Hari Tapi Tetap Langsing

Penyebabnya lantaran anggota dewan pemerintah lokal khawatir logo M berwarna emas yang dikenal secara global akan menghilangkan keindahan pemandangan sekitar tempat McD itu berdiri. Seperti diketahui, McD di Sedona ini menghadirkan pemandangan gurun yang cantik.

Logo McDonald's Satu-satunya di Dunia yang Tidak Berwarna KuningLogo McDonald's Satu-satunya di Dunia yang Tidak Berwarna Kuning Foto: Alamy Stock Photo via Mirror.co.uk

Lalu ada undang-undang juga yang berlaku di Sedona bahwa sebuah bangunan tidak diizinkan berdiri jika mengganggu pemandangan alam daerah tersebut. Akhirnya McD pun diberi logo M berwarna biru muda supaya tidak mencolok.

Logo McD ini pada akhirnya memberi keuntungan tersendiri untuk McD di Sedona. Pasalnya banyak turis rela jauh-jauh ke sini untuk mampir atau sekadar berfoto di depan logo M biru muda.

Terlepas dari logo McD yang tidak biasa ini, gerai McD di Sedona menyediakan menu serupa dengan gerai McD lain. Pengunjung tetap bisa menikmati burger hingga kentang goreng enak di sini.

Baca Juga: Kampanyekan 'Social Distancing', McDonald's Sesuaikan Logonya

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com