30 Resep Kue Lebaran

5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 23 Apr 2021 13:00 WIB
5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan Foto: iStock
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran
Jakarta -

Kue nastar untuk lebaran bisa dibuat sendiri. Agar nastar mulus dan empuk, ikuti cara membuat nastar dari chef Yongki Gunawan berikut ini.

Nastar atau kue nanas menjadi salah satu kue yang tak pernah absen saat lebaran. Di Indonesia nastar dibuat dengan bentuk bulat-bulat dan berukuran kecil. Dan di dalamnya diberikan isian selai nanas.

Biasanya ibu-ibu rumah tangga lebih memilih membuat kue nastar sendiri untuk suguhan lebaran. Namun sayangnya, tak sedikit dari ibu-ibu rumah tangga yang mengeluhkan kue nastar buatannya gagal.

Mulai dari permukaannya yang gampang pecah, aromanya yang apek dan warnanya yang tidak cantik. Menurut Chef Yongki Gunawan, kegagalan tersebut bisa disebabkan karena salah dalam pemilihan bahan-bahan dan juga proses pembuatannya.

Berikut, 5 tips yang perlu diperhatikan saat membuat nastar:

1. Pemilihan Nanas untuk Isian

5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan Foto: iStock

Chef Yongki Gunawan menjelaskan bahwa gagal atau tidaknya kue nastar tergantung dengan pemilihan nanas untuk isiannya. Chef Yongki menyarankan untuk tidak memakan jenis nanas subang dan nanas cavendish.

"Itu gak boleh karena banyak airnya. Selain itu, tingkat keasamannya juga tinggi. Jadi pada saat dimasak dan didinginkan nanti berfermentasi mengeluarkan gas," ujar Chef Yongki Gunawan saat ditemui di kediamannya (16/04).

Gas yang dikeluarkan dari fermentasi nanas tersebut nantinya akan mendorong permukaan kue nastar menjadi pecah saat dipanggang. Selain itu, memasak selai nanas juga harus benar-benar matang.

"Pastikan warnanya gak kuning ya, tapi agak kecokelatan. Kalau masih kuning itu tandanya masak nanasnya kurang tanek," ujar Chef Yongki.

Baca Juga: 4 Resep Nastar untuk Lebaran yang Anti Gagal dan Mudah

2. Jangan Buang Mata Buah Nanas

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan Foto: iStock

Saat makan nanas, mata-mata kecil yang ada pada buah nanas memang harus dibuang karena bisa menyebabkan gatal. Namun, berbeda saat ingin diolah jadi selai untuk isian kue nastar.

Chef Yongki Gunawan menganjurkan untuk tidak membuang mata buah nanas. Menurutnya, ketika mata buah nanas dimasak dan hancur, ada zat-zat yang dapat membantu nanas tidak cepat basi.

"Kalau matanya dibuang nanasnya gak tahan lama, wanginya gak ada dan mudah basi. Matanya kalau dimakan itu gatel toh, tapi kalau dimasak matanya akan hancur," tutur Chef Yongki.

Baca Juga : Resep Kue : Nastar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com