Kocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker Penuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Apr 2021 18:30 WIB
Kocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker Penuh Foto: TikTok Atika Pakpahan
Jakarta -

Kegagalan saat memasak sering kali membuat kita terbahak-bahak. Seperti halnya netizen ini yang masak dua gelas beras hingga menghasilkan nasi sebanyak satu rice cooker penuh!

Memasak nasi di rice cooker terlihat mudah dan sepele. Kamu hanya perlu menaruh beras di panci rice cooker, menambahkan air secukupnya, dan memencet tombol 'cook' yang tersedia.

Hasilnya, nasi akan matang dalam waktu sekitar setengah jam saja. Tak heran banyak orang mengandalkan rice cooker untuk memasak nasi sehari-hari, termasuk netizen TikTok bernama Atika Pakpahan ini.

Namun belum lama ini Atika menemui kegagalan saat memasak nasi. Hal ini ia perlihatkan dalam unggahan TikToknya (17/4) yang sudah ditonton lebih dari 4,7 juta kali saat berita ini ditulis.

Kocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker PenuhKocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker Penuh Foto: TikTok Atika Pakpahan

Atika bercerita ia masak nasi di malam hari. Ia menggunakan rice cooker mini, namun tiba-tiba rice cooker itu terbuka begitu saja. Terlihat nasi di dalamnya sangat penuh sampai-sampai mengangkat tutup rice cooker dan menyembul ke luar.

"Ada yang pernah rice cookernya kayak gini ga?" tanya Atika. Banyak netizen lantas menduga ia memasukkan terlalu banyak beras. Namun di unggahan selanjutnya, Atika bercerita hanya memakai dua gelas beras.

"Ini kenapa kok kayak bunyi-bunyi air, terus rice cooker meledak," kata Atika sambil tertawa. Dihubungi detikfood lewat Instagram (21/4), Atika membenarkan kegagalannya saat masak nasi ini.

Kocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker PenuhKocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker Penuh Foto: TikTok Atika Pakpahan

Baca Juga: Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal Pakai Kompor!

Wanita asal Gianyar, Bali ini mengatakan kalau dirinya benar-benar hanya memakai dua gelas beras saat masak nasi. "Aku nggak tahu kenapa bisa gitu (nasinya jadi satu rice cooker penuh)," kata Atika.

Ia juga menjelaskan kalau bagian bawah rice cooker sebenarnya kosong. "Nasinya naik. Jadi kayak tiba-tiba kebuka gitu tutupnya. Akunya refleks merekam dan bilang meledak," katanya.

Atika mengaku ini adalah kali pertama rice cookernya bermasalah, namun sampai saat ini rice cooker itu masih bisa dipakai. Menyoal nasi yang gagal dimasak, Atika bilang ia mematangkannya dengan cara dikukus. "Aku mikir apa memang kesalahan aku kebanyakan menaruh beras atau gimana," tutupnya.

Kocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker PenuhKocak! Netizen Kaget Lihat Beras yang Dimasaknya Jadi Satu Rice Cooker Penuh Foto: TikTok Atika Pakpahan

Lalu sebenarnya seperti apa tips masak nasi di rice cooker? Pertama, mulailah dari mencuci beras sampai bersih. Tidak ada aturan pasti soal berapa kali beras perlu dicuci, namun banyak orang jumlah maksimalnya adalah tiga kali.

Hal paling penting adalah memastikan air bilasan beras sudah agak jernih, tidak terlalu keruh karena mengandung terlalu banyak pati. Kedua, gunakan air dengan komposisi yang tepat.

Untuk beras putih yang umum dipakai di Indonesia, tambahkan 1.5 cup air untuk tiap 1 cup kecil beras putih yang dimasak. Kamu juga bisa menggunakan patokan jari untuk ukuran tinggi air. Ukur air hingga mencapai ketinggian sesuai bagian pertama ruas buku jari telunjuk.

Ketiga, kamu perlu sabar menunggu nasi jadi matang sempurna di rice cooker. Hal ini ditandai dengan lampu indikator yang menunjukkan 'warm'. Setelah itu, hindari langsung menyantap nasi. Tunggu sebentar dulu hingga nasi benar-benar tanak dan matang sempurna.

Baca Juga: 5 Kesalahan Masak Nasi yang Masih Sering Dilakukan Orang

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com