Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal Pakai Kompor!

Shara Azzhara - detikFood Sabtu, 30 Mar 2019 08:09 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Meski terlihat sepele, memasak nasi ada triknya. Termasuk membuat nasi matang dengan memanfaatkan kompor gas. Contek dulu tips pentingnya!

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Nasi dikonsumsi setiap hari dengan beragam lauk, baik untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Selama ini, mungkin Anda terbiasa memasak nasi menggunakan penanak nasi atau rice cooker. Sebenarnya nasi juga bisa dimasak pakai kompor. Wiki How (28/3) merangkum cara dan tips penting memasak nasi anti gagal di kompor.

Bahan yang harus Anda siapkan adalah:
  • 500 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh minyak
  • 250 g beras


Baca juga : Cara Masak Nasi Gaya Chef Restoran hingga Camilan Sehat di Malam Hari

Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal di Kompor!Foto: Istimewa

Cara membuat:

1. Rendam beras sebelum dimasak
Tuang beras ke dalam wadah dan rendam dengan air selama 30 menit. Kemudian tiriskan air dan bilas beras dengan air mengalir selama satu menit. Merendam beras sebelum dimasak dapat membuang kotoran dan tepung yang masih menempel sehingga nasi Anda akan lebih pulen.

Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal di Kompor!Foto: Istimewa

2. Didihkan air
Tuangkan air ke dalam panci lalu tutup panci dengan penutupnya. Didihkan dengan api sedang. Takaran air harus disesuaikan dengan tipe beras yang digunakan. Untuk beras berbulir panjang seperti jenis Ramos bisa ditambahkan sedikit air. Smeentara untuk jenis beras pulen seperti menthik, rojo lele atau pandan wangi kurangi sedikit jumlah airnya.


Baca juga : Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi Pilihan

Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal di Kompor!Foto: Istimewa

3. Masukan beras, garam, dan minyak
Saat air sudah mendidih, buka penutup panci dan masukkan beras, garam, dan minyak sayur, kemudian aduk hingga merata. Jika air sudah mendidih kembali, kecilkan api dan tutup panci kembali. Lanjutkan proses penanakan selama 18 sampai 30 menit, sesuai jenis beras. Jangan mengaduk nasi hingga benar-benar matang.


Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal di Kompor!Foto: Istimewa

4. Dinginkan nasi setelah matang
Saat sudah matang, diamkan nasi dalam posisi panci terbuka terlebih dahulu selama 5 menit. Hal ini akan membuat beras menyerap sisa air dan membuatnya lebih empuk.

Yuk, Intip Tips Masak Nasi Anti Gagal di Kompor!Foto: Istimewa

5. Aduk sebelum disajikan
Aduklah nasi dengan centong nasi. Dengan mengaduknya, sisa uap panas di dalam nasi akan keluar. Setelah diaduk, diamkan kembali nasi selama dua menit sebelum siap dihidangkan.

(adr/odi)