Basic Cooking

Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi Pilihan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 30 Jun 2018 12:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Beras bukan hanya beras putih saja. Kalau akan beli beras coba pelajari jenis-jenisnya dulu supaya tak salah beli.

Di Indonesia, bukan hanya beras putih saja yang dikonsumsi. Ada beras hitam hingga beras ketan yang masing-masing punya karakter berbeda.

1. Beras putih
Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi PilihanFoto: detikfood
Beras putih adalah beras yang dikonsumi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Berasal dari padi yang sudah digiling dan dibersihkan atau disosoh sehingga warnanya putih hingga agak keruh.

Jenis beras putih populer adalah pandan wangi, rojolele hingga menthik wangi. Masing-masing punya tingkat kepulenan dan aroma berbeda saat dimasak. Untuk menyimpan beras putih, pastikan beras dalam keadaan kering saat ditaruh dalam kontainer yang bersih dan tertutup. Simpan di ruangan yang tidak lembap.

2. Beras merah
Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi PilihanFoto: iStock
Untuk pilihan beras tinggi serat, bisa mengonsumsi beras merah. Jenis beras ini indeks glikemik-nya lebih rendah sehingga tidak langsung menaikkan gula darah.

Kandungan zat besi dan antioksidan antosianin pada beras merah juga unggul. Hanya saja tekstur beras merah sedikit lebih keras. Ada dua jenis beras merah di pasaran yaitu yang merah gelap karena kulit arinya belum disosoh dan yang sudah disosoh dengan tekstur sedikit lebih lunak. Untuk mendapat rasa pulen, empuk, rendam beras merah dalam air dingin selama 1 jam sebelum dimasak.

Baca Juga: Beras Apa Ya yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

3. Beras cokelat
Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi PilihanFoto: iStock
Beras cokelat juga banyak dipilih terutama untuk mereka yang mau turunkan berat badan. Beras ini tinggi serat yang mampu tingkatkan metabolisme sekaligus turunkan berat badan.

Dalam pengolahannya, beras cokelat hanya dihilangkan kulit padinya saja. Hal inilah yang membedakan beras cokelat dengan beras putih. Untuk mengolahnya, beras cokelat mirip beras merah dimana waktu memasaknya sedikit lebih lama. Saat menyimpan beras cokelat, pilih area yang benar-benar kering dan sejuk agar tidak rusak.


4. Beras hitam
Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi PilihanFoto: iStock
Beras yang satu ini paling gelap warnanya, namun lebih banyak pula antioksidannya. Beras hitam punya banyak manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, turunkan kolesterol hingga bantu menjaga berat badan. Beras ini juga bertekstur sedikit keras dan pulen.

Beras ini biasanya dihasilkan dari pertanian organik di kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Harganya relatif lebih mahal. Cuci dan rendam dalam air dingin selama 1 jam sebelum diolah agar tekturnya pulen.

Baca Juga: Dulu Beras Hitam Hanya Bisa Dinikmati Keluarga Kaisar China


(sob/odi)