7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 19:00 WIB
7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam Foto: istock
Jakarta -

Makanan penyebab sulit tidur ini sebaiknya dihindari saat tengah malam. Tujuannya agar kamu bisa mendapat waktu tidur yang cukup di malam hari.

Beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk tidur saat malam hari akan cenderung merasa lapar tengah malam. Hal ini memang secara wajar sangat mungkin untuk terjadi.

Lapar yang datang disaat malam, sebenarnya bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. Lapar yang memang datang akibat tubuh membutuhkan makanan atau rasa lapar secara emosional yang timbul dari kebosanan di tengah malam.

Makan makanan untuk mengatasi lapar di tengah malam tidak sepenuhnya dilarang. Tetapi para ahli mengungkapkan beberapa makanan yang seharusnya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan dan memperburuk kesulitan tidur di malam hari.

Berikut ini 7 makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat malam menurut Reader's Digest (14/4).

7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam Foto: istock

1. Kentang Goreng

Konsumsi makanan tinggi lemak di tengah malam akan memperparah kondisi sulit tidur. Makanan tinggi lemak akan membuat tubuh bekerja lebih kuat untuk mencerna makanan dan mengganggu otak untuk mengirimkan sinyal mengantuk.

"Jangan pernah makan makanan yang digoreng beberapa jam sebelum tidur. Kandungan lemak yang tinggi akan membuat tubuh fokus mencerna dan mungkin menyebabkan refluks asam," kata Passerello selaku ahli gizi.

2. Teh

Minuman rendah kalori ini memang memiliki efek menenangkan. Sayangnya, pada jenis teh seperti teh hitam, hijau dan putih masih mengandung kafein yang dapat memperburuk kondisi sulit tidur.

Jika tetap ingin minum teh disarankan untuk memilih teh herbal seperti chamomile dan jangan menambahkan gula atau pemanis tambahan yang dapat menyebabkan kavitas pada gigi. Tetapi perlu diketahui bahwa teh memiliki efek diuretik yang akan membangunkan tubuh untuk buang air kecil di malam hari.

Baca juga: Waspada! Peneliti Ungkap Bahaya Ngemil Tengah Malam untuk Produktivitas Kerja

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com