Menu Harian Ramadhan ke-8: Berbuka dengan Ayam Kecap dan Kwetiau Kuah Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 08:00 WIB
Ayam Kecap Bawang Foto: iStock
Jakarta -

Olahan ayam kecap yang gurih manis cocok untuk menu buka puasa. Ada juga kwetiau kuah yang segar yang bisa disiapkan untuk sahur.

Sudah seminggu berpuasa, tetapi masih banyak ide untuk makanan sahur dan berbuka puasa. Hidangan yang populer dan praktis pasti disukai keluarga.

Untuk sahur, kwetiau kuah dengan campuran kaldu udang akan membuat badan hangat dan mata melek. Dibuat dengan resep ala restoran pastinya memikat selera.

Kalau ingin berbuka puasa dengan hidangan manis, bisa membuat sate cenil. Bahan dasarnya tepung sagu dengan tekstur yang kenyal ini pasti disukai anak-anak.

Makan malamnya, lengkapi dengan lauk ayam kecap bawang. Kamu bisa menggunakan bagian dada atau paha ayam dan tambahan kentang atau telur rebus.

Berikut ide masakan untuk sahur dan berbuka puasa di rumah bersama keluarga tercinta.

1. Sahur: Kwetiau Kuah Udang

Kwetiau Kuah UdangKwetiau Kuah Udang Foto: iStock

Jika biasanya kwetiau diolah dengan cara digoreng, untuk sahur kamu bisa membuatnya berkuah. Sebaiknya kuahnya juga bening, jadi terasa menyegarkan disantap saat sahur.

Kwetiau yang lembut dan mulur ini enaknya dicampur dengan kaldu udang yang gurih. Tambahkan juga sawi hijau, seledri, dan bawang merah goreng agar makin nikmat. Berikut resep yang bisa kamu contek ya!

Baca Juga: Resep Kwetiau Kuah Udang yang Segar Gurih

2. Buka Puasa: Sate Cenil Warna-warni

Sate Cenil Warna-warni Saus Gula MerahSate Cenil Warna-warni Saus Gula Merah Foto: Dok. MasakMasakTransTV

Ingin berbuka dengan yang manis, kamu bisa membuat camilan dengan bahan dasar tepung sagu. Buat adonan tepung sagu dengan bentuk bulat. Agar makin cantik tambahkan pewarna makanan merah, oranye, kuning, hingga ungu.

Tusukkan cenil menggunakan tusukan sate dan berikan taburan kelapa parut. Sajikan juga dengan saus gula merah yang manis legit. Intip resep berikut ini.

Bsca Juga: Masak Masak : Sate Cenil Warna-Warni Saus Gula Merah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Cendol untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com