Demi Cari Uang, 5 Penjual Makanan Ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 18 Apr 2021 19:00 WIB
penjual ikan asin Foto: twitter @wardinaaina
Jakarta -

Demi mencari uang, banyak penjual makanan dengan segala keterbatasannya yang rela berjalan kaki puluhan kilometer. Harapan mereka dagangannya bisa laku terjual.

Hidup dalam ekonomi yang sulit dan keterbatasan yang ada, tidak membuat para penjual makanan ini patah semangat. Mereka justru lebih gigih dalam mencari nafkah, sampai rela berjalan kaki untuk menawarkan makanannya.

Meski terkadang usaha mereka tetap tidak membuahkan hasil karena pembeli yang sepi, tapi mereka pantang menyerah dan terus berjuang.

Seperti kisah penjual tahu yang berjalan kaki puluhan kilometer untuk mencari pembeli. Kemudian ada juga kisah mahasiswa jualan dawet pikul agar bisa membiayai kuliahnya.

Berikut lima penjual makanan yang rela berjalan kaki puluhan kilometer untuk mencari nafkah:

1. Jualan Keripik dan Donat

Demi Cari Uang, 5 Penjual Makanan Ini Rela Jalan Kaki Puluhan KilometerDemi Cari Uang, 5 Penjual Makanan Ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer Foto: Twitter/Instagram/TikTok

Di usianya yang sudah mencapai 90 tahun, seorang kakek bernama Pak Toto berhasil mencuri simpati netizen. Fotonya viral setelah diunggah pengguna Instagram @leaburnama.

Sehari-harinya Pak Toto masih kuat jalan kaki sejauh 20-25 kilometer, untuk menawarkan dagangannya. Pak Toto biasanya menjual donat dan keripik kentang buatan sang istri dengan harga yang murah.

Sekotak donat dijualnya dengan harga Rp 25 ribu sementara keripik dijual Rp 10 ribu per bungkus. Pak Toto berjualan keliling Kota Bekasi tepatnya di kawasan Pondok Gede. Selain berjualan keliling, kakek ini juga menerima pesanan.

Banyak netizen yang akhirnya tertarik untuk membeli dan membantu melariskan dagangan Pak Toto. Tujuannya agar Pak Toto tak perlu lagi berjalan kaki sejauh itu setiap harinya.

Baca Juga: Sedih! Setiap Hari Kakek Ini Berjalan 25 KM Untuk Jual Donat dan Keripik

2. Jualan Kangkung

Demi Cari Uang, 5 Penjual Makanan Ini Rela Jalan Kaki Puluhan KilometerDemi Cari Uang, 5 Penjual Makanan Ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer Foto: Twitter/Instagram/TikTok

Mirip dengan Pak Toto, semangat Abah Ncom untuk mencari nafkah tak kalah membuat orang-orang kagum. Kakek berusia 83 tahun asal Karawang ini setiap harinya berjualan sayur kangkung.

Abah Ncom membeli kangkung dari petani, kemudian ia jual kembali keliling desa. Karena kakinya sudah tidak mampu mengkayuh sepeda, akhirnya Abah Ncom berjalan kaki sambil mendorong sepeda berisi kangkung jualannya.

Ia bisa berjalan kaki hingga puluhan kilometer dari rumahnya untuk menawarkan kangkungnya. Setiap harinya Abah Ncom hanya mendapatkan uang sekitar Rp 20 ribu. Uang ini ia pakai untuk biaya makannya dan sang istri, serta pengobatan kakinya.

Baca Juga: Salut! Kakek 83 Tahun Ini Masih Jualan Kangkung Demi Keluarga

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com