Intip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto Kudus

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 18 Apr 2021 18:00 WIB
Intip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto Kudus Foto: Youtbe@My OzLife
Jakarta -

Buka puasa bersama keluarga tentu jadi agenda seru dan menyenangkan. Tak terkecuali keluarga di Australia ini yang pilih berbuka puasa dengan menikmati soto Kudus.

Berbuka puasa dengan keluarga menjadi kesempatan yang luar biasa untuk menutup hari setelah seharian berpuasa. Di Indonesia, tradisi ngabuburit juga menjadi salah satu kegiatan seru lainnya untuk menunggu waktu buka puasa.

Biasanya saat berbuka puasa, akan banyak menu seperti lontong, risol, goreng-gorengan atau bahkan es buah yang sudah menanti di meja makan. Berbuka puasa dengan jajanan pasar sepertinya memang sudah menjadi budaya untuk sebagian besar orang Indonesia.

Berbeda dengan di Indonesia yang lekat dengan jajanan pasar dan gorengan, sebuah keluarga asal Australia ini justru berbuka puasa dengan hangatnya soto Kudus. Bagaimana ya kira-kira keseruannya?

Melalui akun Youtube My OzLife (15/4) seorang wanita asal Indonesia, Dwi, membagikan kesehariannya saat berpuasa dengan keluarganya di Australia. Pada video tersebut Dwi mengatakan bahwa menu buka puasa hari itu adalah soto Kudus.

Intip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto KudusIntip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto Kudus Foto: Youtbe@My OzLife

Dwi yang pada hari itu pergi bersama anak-anaknya ke bioskop menyempatkan diri untuk berbelanja di Asian Shop. Asian shop ini merupakan toko yang menjual bahan-bahan makanan dan segala kebutuhan khas Asia termasuk Indonesia.

Baca juga: Terlama di Dunia! WNI Ini Curhat Puasa di Finlandia 22 Jam

Sayangnya, Dwi harus pulang terlambat akibat jalanan yang cukup macet ketika perjalanan pulang. Awalnya, Dwi berencana untuk membuat es buah sebagai takjil saat berbuka, tetapi karena keterbatasan waktu Dwi hanya bisa menyajikan soto Kudus untuk keluarganya.

"Karena tadi durasi filmnya agak lama dan perjalanan pulangnya macet, jadi nggak keburu untuk bikin es buah. Padahal saya sudah beli bahan-bahannya di Asia shop. Sekarang, buka puasanya pakai soto Kudus dan es buah untuk besok," kata Dwi dalam video.

Dwi memasak soto Kudus dibantu dengan anak perempuannya, Isabella. Bella terlihat begitu senang saat membantu ibunya memasak makanan Indonesia. Bella juga mengatakan bahwa bumbu masakan tersebut begitu harum sehingga ia tak sabar untuk memakannya.

Tetapi karena keterbatasan bahan-bahan yang ada, Dwi menyesuaikan beberapa bahan dengan ketersediaan bahan di Australia. Misalnya seperti jeruk nipis yang diganti menjadi lemon dan bawang merah yang diganti menggunakan bawang bombai merah.

Intip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto KudusIntip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto Kudus Foto: Youtbe@My OzLife

Dwi menyajikan soto Kudus yang begitu lengkap. Ada telur rebus, ayam suwir, kol rebus, daun bawang, bawang goreng, tempe goreng bahkan tak lupa juga kerupuk.

Saat soto telah disajikan, keluarganya terlihat begitu lahap menikmati soto Kudus. Bahkan, suaminya, Justin, mengatakan bahwa soto Kudus buatan Dwi sangat lezat.

"Semuanya menjadi lezat ketika dimakan setelah berpuasa seharian. Tetapi ini benar-benar sangat lezat," kata Justin.

Intip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto KudusIntip Serunya Keluarga di Australia Buka Puasa Pakai Soto Kudus Foto: Youtbe@My OzLife

Justin bahkan meminum habis semua kuah soto Kudus yang ada di mangkuknya. Tak hanya soto Kudus buatan Dwi, Justin juga terlihat sangat menyukai tempe goreng yang disajikan.

"Boleh aku makan tempe gorengnya lagi?" kata Justin.

Masakan Indonesia yang menggunakan banyak rempah dan cita rasa yang gurih ini ternyata bisa dengan baik diterima oleh suami dan anak Dwi yang merupakan orang asli Australia. Sang anak, Zacharay, bahkan mengatakan bahwa ia begitu mencintai kerupuk.

Dwi yang juga merupakan WNI asli dari kota Semarang ini selalu mencoba menghadirkan masakan-masakan khas Indonesia di rumahnya. Selain untuk mengatasi rasa rindunya terhadap kampung halaman, memasak hidangan khas Indonesia ini juga menjadi caranya untuk mengenalkan budaya sang ibu kepada anak-anaknya.

Baca juga: Begini Persiapan Orang Indonesia yang Jalani Puasa di Korea!

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com