Terlama di Dunia! WNI Ini Curhat Puasa di Finlandia 22 Jam

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Apr 2020 11:30 WIB
puasa di finlandia Foto: youtube Chimy in Finland
Jakarta -

Lamanya waktu puasa di berbagai belahan dunia ternyata berbeda. Finlandia jadi salah satu negara yang punya waktu puasa terlama di dunia. Bisa sampai 22 jam!

Seorang muslim asal Indonesia yang tinggal di Finlandia membagikan kisahnya berpuasa dalam waktu yang sangat lama. Lewat channel youtubenya, wanita yang akrab disapa Chimy ini membagikan pengalamannya menjalani puasa dengan jangka waktu yang panjang.

Pemilik channel Youtube Chimy in Finland ini bercerita lewat video yang ia unggah di hari kedua puasa tahun ini. Tahun ini sebenarnya bukan kali pertama Chimy menjalani puasa di Finlandia, tahun-tahun sebelumnya ia juga harus berpuasa jauh dari tanah air.

puasa di finlandiapuasa di finlandia Foto: youtube Chimy in Finland


Baca juga : Begini Pengalaman Orang Korea dan Amerika yang Coba Puasa Seharian


Jika dilihat secara letak geografis, Finlandia memang termasuk negara yang punya waktu berpuasa paling lama di dunia. Rata-rata muslim di Finlandia harus menjalani puasa selama 20-22 jam. Tentu saja waktu ini sangat berbeda jauh dengan di Indonesia yang rata-rata menjalani puasa selama 13 jam.

Chimy yang tinggal di Kota Tampere menunjukkan jadwal sahur, buka puasa dan jadwal sholat di negara yang ia tinggali. Di sini terlihat waktu sahur sekitar pukul 03.00 sementara waktu berbuka pukul 21.00 malam. Artinya jangka waktu puasa sekitar 18 jam.

Jadwal ini tidaklah permanen karena menurut Chimy, semakin mendekati lebaran maka jangka waktu puasanya lebih panjang. "Kalau dekat Lebaran, misalnya H-1 itu puasanya makin lama, bisa sampai 22 jam," kata Chimy.

Muslim yang tinggal di kota Rovaniemi menjalani puasa 22 jam, kota ini ada di bagian utara Finlandia. Bahkan ada yang lebih lama menjalani puasa hingga 23 jam yakni di kota Nuorgam.

puasa di finlandiapuasa di finlandia Foto: youtube Chimy in Finland


Puasa tahun ini Chimy mengatakan berlangsung saat musim semi. Meskipun berjalan lama tapi tidak terlalu terasa haus dan lapar. "Karena sekarang musim semi, jadi nggak terlalu panas. Jadi haus nggak berasa. Sekarang juga karena pandemi corona, aktivitas fisik juga tidak terlalu berat jadi nggak berasa lapar," beber Chimy.

Kendati demikian, Chimy ternyata tidak mengikuti jadwal puasa Finlandia. Ia memilih mengikuti jadwal puasa negara muslim terdekat yakni Turki. Waktu puasa di Turki lebih singkat 1,5 jam dibanding Finlandia.

Tak hanya harus menahan haus dan lapar lebih lama. Ibadah sholat wajib juga jadi terasa berdekatan. "Karena Maghrib jam 21.00, kan pasti Isya jam 23.30an berdekatan. Nggak bisa tidur takut kebablasan. Belum lagi sholat tarawih. Habis itu juga dekat dengan waktu sahur jam 03.00an. Jadi berasa marathon ibadahnya,"

Sebagai muslim yang jauh dari tanah kelahirannya, Chimy mengaku merindukan suara adzan Maghrib karena di Finlandia tak ada suara adzan. "Kalau temen-temen bikin meme kangen suara adzan. Aku juga, tapi di sini nggak ada adzan Maghrib. Jadi kalau dengar adzan paling dari aplikasi waktu sholat ya," ujar Chimy.

puasa di finlandiapuasa di finlandia Foto: youtube Chimy in Finland


Baca juga : Di Kuwait Makan di Tempat Umum Selama Bulan Puasa Bisa Dipenjara


Meskipun terasa lebih berat, Chimy berusaha menikmati ibadah puasanya. Sebagai minoritas, ia juga terbiasa mengolah sendiri menu sahur dan berbuka puasa.

Masih lewat youtubenya, Chimy menunjukkan beberapa hidangan sahur dan berbuka puasa yang disantap saat Ramadhan tahun lalu. Ia memilih mengolah makanan simpel yang mudah dibuat. Sesekali Chimy membuat kudapan khas Indonesia untuk mengobati kangen.




Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)