30 Resep Takjil Buka Puasa

Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 16 Apr 2021 10:30 WIB
Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk! Foto: iStock

2. Memilih Jenis Susu

Membuat es kopi susu yang paling mudah adalah dengan menggunakan susu UHT kemasan yang dapat ditemukan dalam berbagai ukuran. Bagi orang-orang yang sedang diet atau intoleran terhadap laktosa, penggunaan susu ini juga bisa disesuaikan.

Pada pelaku diet menggunakan susu rendah lemak, tanpa lemak atau susu skim juga tidak masalah. Kemudian, untuk penderita intoleran laktosa juga bisa mengganti susu sapi UHT dengan susu yang berasal dari bahan nabati misalnya susu kacang kedelai, susu almond atau susu yang terbuat dari oat.

Tak hanya susu dengan rasa full cream, menggunakan susu rasa cokelat untuk campuran es kopi susu juga tidak masalah. Menggunakan susu cokelat untuk es kopi susu rumahan akan menghadirkan sensasi rasa khas coffee mocha yang tak kalah lezat dari es kopi susu pada umumnya.

3. Memilih Gula atau Pemanis

Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk!Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk! Foto: iStock

Untuk menghadirkan rasa manis pada es kopi susu, berbagai pemanis bisa ditambahkan. Misalnya seperti gula pasir, gula aren, gula merah, kental manis bahkan sirup vanilla sekalipun.

Tetapi saat menggunakan bahan pemanis ini juga perlu diperhatikan terkait kondisi kesehatan yang dimiliki. Misalnya pada penderita diabetes yang harus berhati-hati dengan lonjakan gula darah yang mungkin saja terjadi.

Jika ingin bahan pemanis yang lebih sehat, kamu bisa menggunakan gula aren. Gula yang terbuat dari pohon aren atau enau ini cenderung memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan yang lainnya yaitu sekitar 35 GI.

4. Menyesuaikan Konsistensi

Es kopi susu yang dibuat di rumah bisa juga diatur konsistensinya seperti es kopi yang biasa kamu temukan di kafe. Konsistensi atau kekentalan pada es kopi susu ini bisa disesuaikan dengan penggunaan krimer ataupun susu evaporasi.

Jika ingin menggunakan krimer untuk membuat es kopi susu lebih kental, pertama-tama larut dulu krimer dengan air panas. Perbandingan antara krimer dengan air panas harus sama banyak atau 1:1. Sederhananya, tinggi air tidak boleh lebih tinggi daripada krimer.

Selain itu, menggunakan susu evaporasi juga akan membantu memberikan konsistensi yang lebih kental untuk es kopi susu rumahan yang kamu racik. Untuk segelas es kopi susu, cukup campurkan 30 - 50 ml susu evaporasi agar es kopi susu lebih kental.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com