30 Resep Takjil Buka Puasa

Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 16 Apr 2021 10:30 WIB
Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk! Foto: iStock
Jakarta -

Saat buka puasa, minum minuman dingin menjadi cara ampuh untuk hilangkan dahaga. Tips membuat es kopi susu di rumah berikut bisa jadi insipirasi untuk menu buka puasa.

Popularitas es kopi susu semakin hari semakin meningkat. Penjual-penjual es kopi susu mulai dari kafe hingga racikan rumahan pun akan sangat mudah dan banyak untuk ditemui.

Tetapi tidak ada salahnya jika ingin mencoba meracik sendiri es kopi susu yang sesuai dengan selera. Membuat es kopi susu di rumah pun caranya tak terlalu sulit dan bahan-bahannya cukup mudah didapat.

Membuat es kopi susu sendiri di rumah juga akan cocok untuk dinikmati saat buka puasa bersama keluarga. Es kopi susu yang diracik sendiri pun tentunya akan jauh lebih sehat karena komposisinya dapat diatur sedemikian rupa dan diketahui dengan pasti.

Berikut ini tips membuat es kopi susu yang bisa dilakukan untuk sajian berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk!Tips Meracik Es Kopi Susu Enak di Rumah Saja, Bikin Yuk! Foto: iStock

1. Memilih Kopi yang Tepat

Jika kamu memiliki mesin pembuat kopi atau mesin pembuat espresso ada baiknya meracik es kopi susu dengan kopi segar yang kamu seduh sendiri. Pilih biji kopi yang sesuai dengan selera dan karakteristik yang diinginkan. Misalnya jika suka kopi yang agak asam pilih jenis biji kopi arabika dan pilih kopi robusta jika suka kopi yang lebih kuat dan pahit.

Tetapi jangan khawatir jika tidak memiliki mesin pembuat kopi di rumah. Espresso sebagai bahan dasar campuran es kopi susu ini juga dibuat secara manual. Banyak espresso instan yang bisa dengan mudah kamu temukan di minimarket atau toko-toko terdekat di sekitar rumahmu.

Caranya cukup campurkan bubuk espresso instan dengan air panas. Perlu diingat untuk jangan terlalu banyak menuangkan air agar rasa kopi masih terasa kuat dan tidak terlalu encer.

Baca juga: Resep Es Kopi Susu Kekinian, Modal Minimalis dan Tanpa Alat Kopi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com