Mengenal Makizushi, Sushi Gulung dengan Ragam Bentuk dan Isian Nikmat

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 14:30 WIB
sushi Foto: iStock
Jakarta -

Sushi dari Jepang ada banyak jenisnya. Salah satu yang terkenal, makizushi. Berupa sushi gulung (roll) yang terdiri dari banyak bentuk dan jenis.

Sushi merupakan hidangan khas Jepang yang sangat terkenal. Sushi memiliki berbagai jenis, tergantung pada cara pembuatannya.

Sushi juga banyak dibuat dengan beragam isian. Mulai dari makanan laut (seafood), sayur-sayuran, hingga telur. Semuanya bisa dikreasikan sesuai selera.

Sushi yang paling umum dan banyak ditemukan misalnya California Roll, Temaki dan Maki sushi. Lalu ada juga sushi gulung yang punya nama asli Makizushi.

Berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis Makizushi yang dilansir melalui Tsunagu Japan (1/4) :

Mengenal Makizushi, Sushi Gulung dengan Ragam Bentuk dan Isian NikmatMengenal Makizushi, Sushi Gulung dengan Ragam Bentuk dan Isian Nikmat Foto: iStock

Perbedaan Makizushi dan Kimbab

Sekilas Makizushi dan Kimbab khas Korea terlihat mirip. Keduanya sama-sama menggunakan isian sayur-sayuran dan menggunakan lembaran nori di bagian luarnya.

Dari segi nasi yang yang digunakan, Makizushi menggunakan nasi yang diberi perasa seperti cuka, gula dan garam. Rasanya akan sedikit manis, menyegarkan dan agak asam. Sedangkan kimbab, sushi asal Korea, cenderung akan lebih gurih karena menggunakan minyak wijen dan biji wijen.

Bahan yang digunakan keduanya pun cukup berbeda. Makizushi masih menggunakan banyak makanan laut (seafood) dalam kondisi mentah. Sedangkan pada kimbab akan ditemukan bahan-bahan yang lebih gurih dan segar seperti sayur-sayuran.

Untuk penyajiannya, Makizushi banyak tersedia di restoran Jepang. Begitupun dengan Kimbab di restoran Korea.

Apakah California Roll Termasuk Makizushi?

Mengenal Makizushi, Sushi Gulung dengan Ragam Bentuk dan Isian NikmatMengenal Makizushi, Sushi Gulung dengan Ragam Bentuk dan Isian Nikmat Foto: iStock

California Roll adalah jenis Makizushi terkenal, namun konsepnya sedikit melenceng dari Makizushi pada umumnya. California Roll bisa dibilang Makizushi yang unik. Sebab nori atau lembaran rumput lautnya tidak ada di bagian luar layaknya Makizushi lain

California Roll sendiri banyak dipengaruhi oleh budaya orang Amerika Serikat yang tidak makan makanan laut mentah. Walaupun ini sangat populer di benua Amerika tetapi tidak akan ditemukan di Jepang karena masyarakatnya terbiasa mengonsumsi makanan laut yang mentah.

Baca juga: Nyam! Begini Cara Bikin Sushi di Rumah, Rasanya Tak Kalah dengan Restoran

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kedai Sushi Ini Ternyata Milik Mantan Chef Hotel Bintang Lima!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com