10 Aturan Makan di Kerajaan Inggris yang Tak Lumrah

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 25 Mar 2021 06:38 WIB
Ratu Elizabeth II punya gerai McDonalds Foto: Mirror.uk
Jakarta -

Selain etiket bergaul, keluarga kerajaan Inggris punya sejumlah aturan makan yang rumit. Dari menyantap makanan hingga menikmati secangkir teh.

Hidup seperti pangeran dan putri, bahkan di Kerajaan Inggris, tampak menyenangkan dan seolah menjadi pekerjaan mudah di dunia. Tinggal di istana, dilayani, pergi keliling dunia, mengenakan pakaian terbaik, hingga menikmati sajian istimewa.

Namun di balik itu, sebenarnya ada sejumlah aturan ketat yang harus dipatuhi, termasuk tata krama soal makanan dan di meja makan.

Berikut aturan aneh di meja makan makanan yang harus diikuti oleh semua orang di Kerajaan Inggris, seperti dilansir Mashed.

1. Etika peralatan makan

Makan dengan garpu dan sendok adalah salah satu dari sebagian banyaknya etika makan di kerajaan. Namun ada cara khusus makan dengan garpu, sendok, sekaligus juga menggunakan pisau yang benar.

Pertama, garpu dipegang oleh tangan kiri, pisau di tangan kanan. Garpu tidak boleh ditancapkan ke makanan, melainkan berada di belakang makanan yang akan dipotong pisau.

Tidak hanya itu, ada aturan tentang posisi peralatan makan di atas meja. Jika keluarga kerajaan belum selesai makan, tapi harus pergi untuk beberapa saat maka mereka harus meletakkan alat makannya secara menyimpang.

Jika sendok-garpu diletakkan di sudut bawah piring, maka tandanya telah cukup makan dan piring bisa dibersihkan.

makanan ratu elizabethMakanan Ratu Elizabeth Foto: Istimewa

2. Berhenti masak

Pernah lihat bagaimana sibuknya koki di dapur profesional? Bayangkan yang terjadi di dapur kerajaan. Ada lusinan jamuan yang harus dihidangkan, peralatan makan yang harus disiapkan, hingga beragam jenis wine.

Setiap menitnya koki akan berusaha semaksimal mungkin menghidangkan makanan terbaik. Namun ketika sang ratu menginjakkan kaki di dapur, maka semua kegiatan di dapur harus berhenti.

Meskipun, ada makanan sedang dimasak di kompor, atau ada kue yang hampir gosong di oven, kegiatan koki saat itu harus berhenti total.

3. Ratu selesai makan, maka semua harus ikut selesai

Koki pribadi Ratu Elizabeth Darren McGrady mengatakan setiap orang yang makan bersama Ratu harus ikut selesai makan jika ratu selesai.

"Begitu dia meletakkan pisau dan garpu, dia akan menekan tombol yang berisi para pelayan untuk masuk membersihkan makanannya, meskipun jika orang lain belum selesai makan," kata McGrady.

Ratu juga biasa membawa tas tangannya kemana pun. Tas tangan ratu biasanya akan diletakkan di atas meja jika sudah selesai makan. Artinya, setiap orang di meja tersebut juga akan mengakhiri makanannya.

4. Aturan ngobrol dengan ratu

Saat makan bersama Ratu, ada aturan tersendiri untuk bercakap-cakap. Biasanya para perempuan di meja akan mencoba bercakap-cakap dengan orang yang ada di sebelah kanan. Baru saat pertengahan acara jamuan, percakapan di mulai pada orang yang duduk di sebelah kiri.

Perlu diketahui juga, posisi duduk menandakan status orang tersebut. Orang yang duduk di sebelah kanan ratu dianggap sebagai tamu kehormatan.

5. Tidak boleh ada bawang

Kerajaan Inggris anti bawang, terutama bawang putih. Salah satu alasannya karena bawang putih bisa menimbulkan mulut bau bawang saat berbicara, dan ini dianggap tidak memberikan kesan baik.

Namun, pelarangan bawang putih hanya berlaku untuk acara formal seperti jamuan negara. Meski demikian, jika ada jamuan dengan ratu meskipun termasuk dalam acara santai, bawang putih akan dilarang. Ratu Elizabeth secara pribadi tidak menyukai bawang putih.

Apa saja aturan makan dan minum teh yang harus ditaati? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Sensasi Dine In 30 Menit Pas PPKM, Gimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com