Inilah 3 Jenis Teh Favorit Ratu Elizabeth II

Odilia WS - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 05:00 WIB
ratu elizabeth II Foto: Istimewa
Jakarta -

Minum teh merupakan salah satu tradisi di Inggris. Ratu Elizabeth II selalu menyisihkan waktu untuk menikmati 3 jenis teh favoritnya.

Budaya minum teh atau Afternoon Tea dikenal di Inggris sejak berabad silam. Konon diawali saat Revolusi Industri pada abas 17, para buruh menikmati jeda dengan secangkir teh dan sepotong kue.

Sementara Inggris mengenal budaya minum teh dari India dan China. Kini menjadi bagian tradisi masyarakat Inggris. Menikmati secangkir teh dan susu diiringi dengan beragam kue dan biskuit.

Begitu populernya budaya minum teh hingga ada jenis teh English Breakfast, teh hitam pekat yang enak diminum bersama susu. Lalu teh jenis apa yang selalu dinikmati Ratu Elizabeth II sehari-hari?

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, butler kerajaan Grand Harrold menyebutkan jenis teh favorit Ratu Elizabeth II dan cara penyajian yang disukainya.

Ratu Elizabeth II yang berusia 94 tahun menyukai teh jenis Assam dan Earl Grey. Kedua jenis teh ini selalu dinikmati bersama susu yang selalu dituangkan setelah teh.

'Biasanya Sang Ratu menikamti teh Assam dan Earl Grey dengan cara tradisional. Daun teh ditaruh dalam poci teh kemudian air teh dituangkan ke dalam cangkir teh keramik China memakai saringan,' ungak Grant seperti dilansir hellomagazine (29/4).

Sementara menurut mantan chef kerajaan Inggris, Darren McGrady, sang ratu selalu memulai hari dengan cara Inggirs. Menikmati secangkir teh hangat dengan beragam biskuit. Teh yang jadi favoritnya adalah Earl Grey, Assam dan Darjeeling. Selalu dinikmati dengan susu tetapi tanpa gula.

afternoon tea tradisional Inggris3 teh favorit Ratu Elizabeth II. Foto: iStock

Teh Assam merupakan jenis teh hitam dari daerah Assam India. Merupakan teh dari tanaman teh camelia sinessis assamica. Merupakan jenis teh hitam dengan rasa pekat.

Earl Grey merupakan teh hitam dengan campuran minyak bergamot sehingga menebarkan aroma segar saat diseduh. Konon perusahaan teh tertua di Inggris Twinning pernah meracik teh Earl Grey khusus untuk sang ratu dengan nama Lady Grey.

Sementara darjeeling merupakan jenis teh camelia sinensis yang tumbuk dan diproses di Darjeeling atau distrik Kalimpong di Bengal Barat, India. Kerajaan Inggris memiliki perkebunan teh di Darjeeling karenanya teh ini sangat populer di Inggris.

afternoon tea3 jenis teh favorit Ratu Elizabeth II. Foto: iStock

Untuk menyeduh teh seperti kebiasaan sang ratu, butler kerajaan Grant Harrold memberikan tipsnya.

'Tuangkan teh dari poci teh ke cangkir teh. Kemudian tambahkan susu cair, lalu aduk dengan arah ke atas ke bawah, bukan arah memutar. Hirup teh perlahan dari bibir cangkir, jangan menyeruput keras-kera,' ungkap Grant.

Ratu Elizabeth II ternyata juga terbiasa menyeduh teh sendiri, meskipun banyak yang melayaninya. Konon Meghan Markle juga harus mengikuti latihan minum teh sebelum bertemu dengan keluarga kerajaan pertama kali.



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)