5 Manfaat Sehat Minum Teh Hitam di Pagi Hari

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Okt 2020 05:00 WIB
Teh hitam Foto: iStock
Jakarta -

Selain teh hijau, teh hitam juga menyimpan banyak manfaat sehat. Mulai dari membantu turunkan berat badan hingga menambah energi di pagi hari.

Sebagai salah satu teh yang paling populer di berbagai negara, teh hitam sudah dikonsumsi sejak dulu di China hingga Inggris. Teh ini berasal dari daun Camelia sinesis, yang diproses hingga alami oksidasi dan warnanya menjadi kehitaman dengan aroma yang khas.

Banyak ahli mengatakan teh hitam menyimpan banyak manfaat sehat untuk tubuh. Terutama jika teh hitam diminum di pagi hari, di mana teh ini mengandung kafein yang membuat tubuh lebih segar di pagi hari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima manfaat minum teh hitam di pagi hari.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Macro shot of black tea.Teh Hitam. Foto: iStock

Ada banyak faktor yang membuat teh hitam mampu membantu menurunkan berat badan. Menurut studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, teh hitam dapat melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu teh hitam mengandung sekitar 50-80 mg kafein tiap satu cangkirnya. Kafein sendiri jika diminum dalam takaran yang wajar bisa membantu menambah energi, sekaligus meningkatkan metabolisme.

Studi tentang kafein pernah dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition. Peneliti menguji efek kafein pada metabolisme 12 orang dewasa. Di sana mereka mengkonsumsi kafein sebesar 50 mg untuk memicu metabolisme.

Baca Juga: Ini Sebabnya Rutin Minum Teh Hitam Bisa Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]