Kalau Diminum Rutin Teh Hitam Terbukti Ampuh Kurangi Lemak Perut

Devi Setya - detikFood Jumat, 30 Nov 2018 11:55 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Penelitian mengungkap kalau teh hitam yang dikonsumsi rutin bisa menurunkan berat badan sekaligus mengusir lemak di perut. Ini penjelasannya!

Dilansir dari Times Now News (30/11) teh hitam adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Teh hitam berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis yang mengandung antioksidan tinggi. Teh ini difermentasi kemudian diseduh dan menjadi minuman sejak ribuan tahun silam di China.
Kalau Diminum Rutin Teh Hitam Terbukti Ampuh Kurangi Lemak PerutFoto: Istock
Baca juga : 7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan kalau teh hitam dapat menurunkan berat badan dan melunturkan lemak di perut. Teh hitam memiliki manfaat yang sama dengan teh hijau dalam hal menurunkan berat badan.

Tak hanya dalam hal menurunkan berat badan, teh hitam juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan. Misalnya polifenol dalam teh yang memiliki sifat antimikroba yang berfungsi menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan.

Teh hitam juga mengandung flavonoid yang efektif menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan dalam teh hitam juga diketahui mengurangi resiko kanker, stroke hingga tekanan darah tinggi.

Teh hitam yang dikonsumsi tanpa gula juga ampuh menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian mengungkap, orang yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Hal ini diikuti dengan berkurangnya ukuran lingkar pinggang.
Kalau Diminum Rutin Teh Hitam Terbukti Ampuh Kurangi Lemak PerutFoto: Istock
Dalam jurnal yang diterbitkan PLoS One tertulis kalau pengeluaran energi dan kalori lebih banyak terbakar setelah menerima asupan theaflavin dari teh hitam. Penelitian lain yang diterbitkan European Journal of Nutrition bahkan menunjukkan mikroba dalam usus menjadi lebih aktif ketika mendapat asupan teh hitam.

Baca juga : Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?
Kalau Diminum Rutin Teh Hitam Terbukti Ampuh Kurangi Lemak PerutFoto: Istock

Untuk membuat secangkir teh hitam tidaklah sulit, cukup menyiapkan sekantung teh atau teh daun kering. Seduh teh dengan air panas dan diamkan selama 5 menit sebelum dikonsumsi.

Dengan rutin mengonsumsi teh hitam maka bukan tidak mungkin berat badan akan turun dan lemak di perut perlahan luntur. Tapi perlu diingat, asupan makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan jenis dan porsinya. (dvs/odi)