Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 01 Agu 2018 06:41 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh, kopi, dan air putih jadi minuman yang populer dikonsumsi saat sarapan. Tapi mana yang lebih cocok dan sehat diminum pagi hari?

Terlepas dari menu makanan yang kita pilih untuk sarapan. Teh, air putih, dan kopi jadi minuman yang paling populer sebagai teman di pagi hari. Banyak orang yang tidak bisa lepas dari kopi dan teh, ada juga orang yang memilih air putih karena lebih sehat. Dilansir dari Live Strong (31/07), berikut manfaat dari tiga minuman ini.

Baca Juga: Lebih Bersemangat Pagi Hari dengan 4 Minuman Ini


1. Kopi

Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?Foto: iStock
Kopi telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang yang baru 'melek' setelah meminum secangkir kopi hangat di pagi hari. Menurut penelitian dari Harvard Medical School, kopi terbukti dapat menurunkan risiko terkna diabetes tipe 2. Sekaligus mengurangi risiko penyakit batu empedu, dan kanker usus besar.

Meski memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan,tapi bagi para penderita penyakit jantung, Anda harus tetap mengawasi asupan kopi. Ini karena kopi dapat memiliki efek yang potensial terhadap tekanan darah, sekaligus detak jantung.


2. Teh

Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?Foto: iStock
Secara umum beberapa teh mengandung kafein, seperti teh hitam, teh hijau, hingga teh oolong. Menurut hasil wawancara Medill Reports di Northwestern University dengan Dokter Stanley Segall, selaku ahli gizi di sana. Ia menyebutkan bahwa teh mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit dan radikal bebas.

Sementara untuk teh putih dan teh hijau, memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya. Sama seperti di kopi, kandungan kafein dalam teh dapat menganggu beberapa fungsi tubuh. Sehingga penting untuk mengonsumsi teh dalam batas yang wajar.


3. Air putih

Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?Foto: iStock
Air putih merupakan minuman yang populer dan sehat di dunia. Air putih berguna untuk membantu semua fungsi tubuh agar berkerja lebih efisien, dan tentunya melawan penyakit, serta mempertahankan berat badan yang sehat.

Menurut situs Lake Forest College, penting untuk mengonsumsi air putih sebelum meminum apa pun. Air putih bagus untuk dikonsumsi sepanjang hari. Selain menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, air putih dapat menjaga kulit tetap bersih.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Bangun Tidur di Pagi Hari (sob/odi)