Yuk! Buka Puasa Ayyamul Bidh dengan 5 Menu Manis Serba Kurma

Devi Setya - detikFood Kamis, 25 Feb 2021 16:00 WIB
Buka Puasa Ayyamul Bidh dengan 5 Menu Manis Serba Kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/Severga
Jakarta -

Umat muslim banyak yang menjalankan puasa Ayyamul Bidh. Racikan menu manis serba kurma bisa jadi pilihan berbuka puasa, ada puding hingga susu kurma yang legit.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah pada pertengahan bulan Hijriah. Puasa ini dianjurkan dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 tiap bulan Hijriah. Pertengahan bulan Hijriah kali ini bertepatan dengan tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2021.

Kalau hari ini kamu ikut menjalankan puasa, ada rekomendasi menu buka puasa yang bisa kamu coba. Sambil menunggu waktu berbuka, coba racik kudapan manis berbahan kurma. Ya, selain enak dimakan langsung ternyata kurma juga cocok diolah jadi berbagai hidangan.

Bukan hanya enak, makan kurma saat berbuka puasa juga termasuk sunah dan bisa dengan cepat mengembalikan energi tubuh. Rasa kurma yang manis legit dijamin bisa membuat momen buka puasa makin semangat.

Pilihan menunya ada puding kurma, susu kurma hingga smoothies kurma yang mantap. Tak perlu khawatir akan repot membuatnya, bahan dan cara pengolahannya gampang.

Berikut 5 rekomendasi menu serba kurma untuk buka puasa.

1. Susu kurma

Cara Membuat Susu KurmaYuk! Buka Puasa Ayyamul Bidh dengan 5 Menu Manis Serba Kurma Foto: iStock


Menu pertama yang bisa kamu buat adalah susu kurma. Sesuai dengan namanya, menu satu ini terbuat dari bahan utama minuman ini hanyalah susu segar dan kurma. Kamu bisa menambahkan es batu jika ingin disajikan dingin.

Untuk membuat susu kurma, kamu cukup mencampur susu segar dengan beberapa butir kurma. Tambahkan es batu lalu blender hingga halus. Susu kurma bisa langsung dikonsumsi. Untuk resep lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Paduan susu dan kurma efektif menghasilkan tendangan energi bagi tubuh. Apalagi setelah berpuasa menahan lapar dan dahaga seharian.

2. Smoothies kurma

Saat berbuka puasa, dianjurkan untuk mengasup makanan dan minuman manis. Kamu bisa memilih smoothies kurma. Minuman ini juga sekaligus bisa mengganjal perut sebelum makan makanan berat.

Bahan utama smoothies ini adalah kurma, susu segar dan pisang. Kamu cukup mencampur semua bahan ini lalu blender sampai halus. Jangan lupa tambahkan sedikit es batu agar rasanya lebih nikmat. Yuk bikin smoothies kurma untuk buka puasa.

3. Puding kurma

Buka Puasa Ayyamul Bidh dengan 5 Menu Manis Serba KurmaBuka Puasa Ayyamul Bidh dengan 5 Menu Manis Serba Kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/Severga

Ada dua versi puding kurma yang bisa jadi pilihan menu berbuka puasa. Pertama puding dengan saus kurma, lalu yang kedua puding dengan isian daging kurma. Kamu bisa membuatnya sesuai selera.

Membuat puding kurma juga tidak sulit. Kamu hanya perlu memasak agar-agar dengan campuran gula dan susu segar lalu tambahkan potongan kurma sebelum dituang dalam cetakan. Diamkan dalam lemari es hingga dingin dan mengeras. Puding bisa langsung disantap.

4. Panna cotta kurma


Mirip dengan puding kurma, menu dessert asal Italia satu ini lebih lembut. Kamu bisa memadukan panna cotta dengan irisan kurma dan strawberry. Rasanya manis segar dan bisa jadi kudapan berbuka puasa.

Tergoda dengan lembutnya panna cotta kurma? Kamu bisa lihat resep lengkapnya di sini. Yuk bikin!

5. Salad kurma


Buat kamu yang tak terlalu suka manisnya kurma, coba racik jadi salad. Rasa manis kurma akan berpadu dengan aneka buah lain sehingga tidak membuat eneg dan justru memberi sensasi segar.

Kamu bisa mencampur apel, nanas, kurma, dan mangga. Sajikan dengan dressing saus mayonnaise yang diberi sedikit perasan jeruk lemon. Selain bisa jadi menu berbuka, salad kurma juga cocok jadi menu sarapan.



Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com