Restoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Jual Nasi Biryani Selama 100 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Feb 2021 10:00 WIB
Restoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 Tahun Foto: Islamic Restaurant
Jakarta -

Di Singapura ada restoran legendaris yang sudah beroperasi selama 100 tahun. Namanya Islamic Restaurant yang menawarkan menu andalan nasi biryani.

Restoran biryani pertama di Singapura, Islamic Restaurant berlokasi di 735 North Bridge Road, kawasan Kampong Glam. Pada April 2021, pihaknya akan merayakan hari jadi ke-100 tahun.

Momen istimewa ini tentu tak dilewatkan begitu saja. Dikutip dari Mothership SG (23/2), Islamic Restaurant rencananya membagikan 2.021 paket nasi biryani gratis untuk para tenaga kesehatan di 6 rumah sakit berbeda di negeri Singa.

Pembagian nasi biryani akan dilakukan selama 5 hari, mulai 31 Maret 2021. Menurut Berita Mediacorp, Islamic Restaurant juga akan memberikan paket nasi biryani gratis pada pelanggan di hari jadinya pada April 2021.

Restoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 TahunRestoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 Tahun Foto: Islamic Restaurant

Saat ini restoran legendaris di Singapura ini dikelola generasi ketiga yaitu Kalilnoor Rahaman Abdul Wahab yang berusia 59 tahun. Ia meneruskan usaha keluarganya.

Ia bercerita masa kecilnya dihabiskan dengan tinggal di restoran. Kalilnoor kemudian mulai menemukan rasa suka dalam menyajikan makanan enak bagi para pelanggan.

Baca Juga: Murtabak dan Nasi Briyani Sedap dari Kampong Glam

Lalu pada tahun 1990 ia mengambil alih operasional restoran dari ayahnya. Kalilnoor mengaku bangga karena restoran keluarganya bisa bertahan sangat lama.

Karenanya memberikan paket nasi biryani gratis dalam rangka ulang tahun ke-100 dilakukan Kalilnoor sebagai wujud syukur dan terima kasih dirinya pada pelanggan.

Di masa pandemi Covid-19, ia juga memikirkan para tenaga kesehatan yang terus menerus berjuang tanpa lelah.

"Saya punya pelanggan yang usianya 70 tahunan, bahkan ada yang 80 tahunan. Saya sangat menghargai mereka, jadi saya harus berterima kasih untuk dukungan mereka selama ini pada restoran," jelas Kalilnoor.

Restoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 TahunRestoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 Tahun Foto: Islamic Restaurant

Islamic Restaurant didirikan tahun 1921 di Singapura oleh Abdul Rahiman. Ia adalah chef handal dari kerajaan Arab saat itu. Suatu saat ia memutuskan mendirikan restoran.

Seiring perkembangan waktu, kelezatan nasi biryani buatan Islamic Restaurant terkenal ke seluruh penjuru negeri, bahkan sampai negeri tetangga.

Pelanggannya tak main-main, di antaranya para perdana menteri Singapura, raja Brunei, sampai menteri-menteri Malaysia. Tak ketinggalan, perdana menteri Malaysia, Najib Razak.

Tahun 2016, detikfood berkesempatan mencicipi nasi biryani buatan Islamic Restaurant. Kami juga sempat berbincang dengan salah satu pegawai restoran, Matthew.

Ia mengatakan resep nasi biryani yang dipakai masih sama seperti dulu. Pihak restoran berusaha mempertahankan kualitas makanan mereka dengan menggunakan bahan-bahan segar.

Restoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 TahunRestoran Legendaris di Singapura Ini Sudah Tawarkan Nasi Biryani Selama 100 Tahun Foto: Islamic Restaurant

Rempah-rempah asli India juga masih dipakai. Matthew bersyukur karena rempah-rempah itu kini sudah mudah didapat di Singapura.

Untuk nasi biryaninya berwarna kuning dan oranye. Buliran beras basmati di sini begitu empuk dengan harum rempah yang menggugah selera.

Menu primadonanya tentu saja daging ayam dan domba yang menjadi topping nasi biryani. Dimasak dengan teknik slow cooking, olahan daging ini menjadi sangat empuk dan lembut.

Nasi biryani di sini disajikan dalam porsi lumayan besar sehingga bisa dinikmati lebih dari satu orang. Tiap hari Islamic Restaurant bisa menjual ratusan hingga ribuan porsi nasi biryani.

Baca Juga: Sedap Berempah Nasi Biryani Legendaris dari Islamic Restaurant

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com