Nasi Uduk Betawi

5 Tips Masak Semur Jengkol yang Lezat dan Bebas Bau

Devi Setya - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 14:00 WIB
semur jengkol Foto: Dok.Tastemade
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

2. Hilangkan bau jengkol

makan siang jengkol5 Tips Masak Semur Jengkol yang Lezat dan Bebas Bau Foto: detikfood

Sama halnya dengan pete, jengkol juga memiliki aroma dan bau khas. Bagi sebagian orang, aroma ini menggoda selera tapi sebagian lainnya justru menghindari jengkol karena aromanya. Untuk mengurangi aroma khas jengkol, kamu bisa merendamnya dalam air

Untuk menetralisir racun dan bau jengkol, coba rendam dalam air selama 6-12 jam. Kamu juga bisa menggunakan air es atau air kapur sirih untuk hasil yang lebih maksimal.

Setelah itu bersihkan jengkol dari kulit ari yang melekat. Jika tidak bersih, kamu justru akan mendapatkan olahan jengkol yang agak pahit.

3. Rebus sebelum diolah

Jengkol punya tekstur yang cenderung keras, oleh karenanya perlu dilakukan perebusan sebelum diolah menjadi berbagai masakan. Proses perebusan jengkol ini juga membantu mengurangi baunya.

Kamu bisa menambahkan berbagai bumbu aromatik untuk mengurangi aroma jengkol. Coba rebus dengan daun jeruk purut, serai dan daun salam. Setelah direbus, jengkol bisa langsung dimasak. Pastikan kamu membuang air rebusan ini ya karena kalau digunakan akan membuat masakan justru semakin bau.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Aneka Masakan Betawi yang Gurih Sedap"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com