5 Cara Makan Hot Pot yang Benar Supaya Rasanya Makin Enak

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 14:00 WIB
cara makan hot pot yang benar Foto: iStock
Jakarta -

Hot pot merupakan hidangan berkuah khas China yang banyak digemari di Indonesia. Pencinta hot pot perlu tahu cara makan hot pot yang benar seperti ni.

Hot pot adalah hidangan tradisional asal China yang sudah ada sejak 1000 tahun lalu. Sampai saat ini hot pot masih menjadi hidangan yang populer bahkan kepopulerannya sampai ke banyak negara lain.

Untuk menikmati hot pot, berbagai bahan makanan akan dicelupkan ke dalam panci panas berisi kaldu mendidih. Biasanya isi hot pot sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan selera konsumennya.

Hot pot bisa menjadi santapan yang pas dinikmati bersama keluarga, teman, atau kerabat sambil melakukan perbincangan hangat. Berikut ini langkah-langkah makan hot pot yang benar supaya rasanya makin nikmat dan kamu terlihat seperti pro.

Informasinya dilansir dari Tourist Secret (23/7) seperti berikut:

1. Kenali Alat Makan Hot Pot

cara makan hot pot yang benarcara makan hot pot yang benar Foto: iStock

Untuk kamu yang pertama kali menyantap hot pot mungkin akan bingung melihat alat-alat yang disajikan oleh para pelayan. Atau ketika ingin menyajikan hot pot di rumah bersama keluarga, kamu mungkin bingung alat apa saja yang diperlukan.

Alat utama yang digunakan untuk penyajian hot pot adalah panci panas yang wadahnya berbentuk yin dan yang. Panci ini digunakan untuk memasak dua jenis kaldu bersamaan, sekaligus menjaga kaldu agar tetap panas.

Jika kamu makan di restoran, tiap pelanggan akan diberikan dua pasang sumpit. Satu sumpit dipakai untuk memasukkan dan memasak bahan mentah, sementara sumpit lainnya untuk menyantap hidangan. Alat lainnya, kamu akan membutuhkan saringan kecil untuk memastikan tidak ada lagi bahan makanan yang tertinggal di dalam kaldu.

Baca Juga: Ini 6 Tips Makan Hot Pot Agar Rasanya Lebih Enak

2. Masak Bahan yang Lebih Lama Matang Terlebih Dahulu

Sebenarnya tidak ada aturan khusus yang mengatur bahan makanan mana yang harus dimasak duluan. Tetapi mengenali bahan makanan yang akan direbus menjadi kunci utama hidangan hot pot menjadi lebih enak saat dimakan.

Merebus bahan makanan yang memiliki tekstur lebih keras atau yang lebih lama matang terlebih dahulu akan membuatnya matang bersamaan dengan bahan lainnya. Misalnya beberapa bahan yang harus dimasak terlebih dahulu adalah lobak, jagung, kentang atau kol.

Kesalahan memasukkan bahan makanan akan berdampak pada kematangan bahan makanan. Salah satu bahan bisa jadi masih mentah atau bahan makanan lainnya bisa jadi terlalu matang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dragon Hot Pot, Kombinasi Kuah Ma La Tang dan Ratusan Pilihan Topping"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com