Ini 6 Tips Makan Hot Pot Agar Rasanya Lebih Enak

Maya Safira - detikFood Kamis, 19 Nov 2015 11:20 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Hot pot atau steamboat merupakan salah satu makanan yang enak disantap beramai-ramai. Bisa jadi karena salah cara menyantapnya rasanya jadi kurang mantap.

Hot pot berupa hidangan berkuah dengan aneka lauk, enak disantap saat cuaca dingin. Ada cara agar makin maksimal menikmati hot pot. Jaclyn Reutens, ahli diet klinis, memberi tips sehat menyantap hot pot seperti dirangkum dari Shape.

1. Jangan banyak mencelup ke kecap atau saus cabai



Satu sendok makan kecap atau sambal bisa menambah asupan sodium masing-masing sekitar 1.000 mg dan 500 mg. Pikirkanlah sebelum mencelup kedua saus dalam bahan steamboat. Apalagi kebanyakan makanan sudah asin secara alami. Jika daging terasa hambar, bisa jadi karena terlalu lama merebusnya.

2. Hindari pilihan makanan olahan



Bakso sekaligus makanan olahan seperti sosis, crabstick dan fishcake banyak tersedia sebagai pelengkap hot pot. Sebaiknya Anda tidak memilih makanan itu. Selain kandungan gizi yang kecil, makanan olahan juga tinggi nitrit. Asupan berlebih dari senyawa ini bisa menimbulkan masalah kelainan darah.

Konsumsilah daging segar dan sayuran yang rendah lemak serta sodium. Menurut Jaclyn, daging paling sehat antara lain irisan tipis daging tanpa lemak, striploin, dada ayam tanpa kulit dan fillet ikan.

3. Tidak menambahkan kepala udang untuk kaldu



Meski bisa memberi rasa manis pada kuah steamboat, kepala udang juga menambah kolesterol. Jaclyn menyarankan konsumsi bagian tubuh dan ekor karena mengandung protein sekaligus zat besi.

4. Jangan menyeruput kuah yang sangat panas



Selain membuat lidah seperti terbakar, konsumsi makanan saat masih benar-benar panas bisa membahayakan kesehatan. Studi tahun 2010 dalam International Journal of Cancer menunjukkan ada peningkatan risiko kanker esofagus yang berhubungan dengan konsumsi minuman bersuhu tinggi.

5. Tidak melahap semua terlalu cepat



Berikan kesempatan pada otak untuk menunjukkan sinyal sudah kenyang. Perut Anda bisa saja sudah penuh tapi tetap makan karena nafsu. Banyak orang makan steamboat sampai bisa memenuhi jatah makan tiga kali, ucap Jaclyn. Lebih baik makanlah secara perlahan sambil menikmatinya. Pilih juga jenis makanan yang sehat. Jangan mengambil semua makanan karena bisa meningkatkan kalori.

6. Hindari minum terlalu banyak kuah kaldu

Sebaiknya jangan biarkan sup steamboat terus dipanaskan. Terus merebus kuah steamboat bisa meningkatkan kandungan nitrit.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com