Miris! Nenek Penjual Piring Kena Tipu, Dibayar Pakai Amplop Isi Koran

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 11:00 WIB
nenek penjual piring ditipu Foto: TikTok @vs.brl
Jakarta -

Miris sekali nasib nenek penjual piring di Surakarta, Jawa Tengah ini. Ia ditipu pembelinya karena menerima bayaran berupa amplop isi koran, bukan uang!

Masih banyak lansia yang hidup serba kekurangan di zaman sekarang. Seharusnya mereka bisa menikmati waktu senja di rumah, namun mereka harus tetap membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan.

Banyak di antara mereka yang setiap harinya berjualan makanan. Bahkan ada yang harus berjalan puluhan kilogram saat menawarkan dagangan mereka.

Salah satu lansia yang masih berusaha keras mencari uang itu adalah seorang nenek di Surakarta, Jawa Tengah ini. Lewat akun TikTok @vs.brl (16/2), kisah nenek ini dibagikan.

nenek penjual piring ditipunenek penjual piring ditipu Foto: TikTok @vs.brl

Baca Juga: Kakek Penjual Es Ini Bagikan Jualannya Gratis untuk Anak Yatim

Dalam video, netizen bernama Visbrila ini menjumpai nenek penjual piring itu di pinggir jalan. Awalnya, Visbrila ingin membeli piring-piring milik nenek itu karena merasa iba dengan kondisinya.

Namun, setelah itu nenek penjual piring ini menceritakan kisah mirisnya. Ia mengatakan pernah ada pembeli yang memberikannya bayaran berupa amplop.

Nenek ini mengira kalau amplop itu berisikan uang. Namun, ternyata amplop itu hanya berisikan lembaran koran yang telah dipotong-potong.

nenek penjual piring ditipunenek penjual piring ditipu Foto: TikTok @vs.brl

"Ini ya saya tuh dikasih uang, amplop ini penuh. 'Mbah tak kasihin rejeki untuk makan dibuka jangan dibuka nanti kalo saya belum jauh' (ujar pembeli yang menipu nenek)," ujar nenek yang menjelaskan dengan lantang.

"Tiba-tiba itu kertas ini lho ya Allah, tapi ya alhamdulillah," lanjutnya sambil menunjukkan isi amplop yang diterimanya.

Visbrila telah mengonfirmasi kisah nenek yang tak diketahui namanya ini kepada detikFood (19/2). Ia mengaku bertemu sang nenek di sekitar Jalan Veteran, Surakarta, Jawa Tengah.

nenek penjual piring ditipunenek penjual piring ditipu Foto: TikTok @vs.brl

Mahasiswi ini juga mengaku iba dengan kisah nenek itu dan membuka donasi. Donasi itu disalurkan lewat kitabisa.com dan saat ini sudah terkumpul dana sebanyak Rp 4,7 juta.

Visbrila juga mengaku mendapatkan donasi dari salah satu yayasan yang ada di Bandung. Rencananya donasi tersebut akan selesai dikumpulkan hingga Selasa 23 Februari 2021 dan akan diberikan kepada nenek penjual piring itu.

Baca Juga: Miris! Kakek Penjual Gado-gado Ini Ditipu Pakai Uang Mainan



Simak Video "Manatiang Piriang, Kearifan Lokal Menghidangkan Piring Makan Urang Awak Minangkabau"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com