Kakek Penjual Es Ini Bagikan Jualannya Gratis untuk Anak Yatim

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 17:00 WIB
penjual es yang berikan gratis untuk anak yatim Foto: Instagram @kitabisacom
Jakarta -

Kakek penjual es di Yogyakarta ini selalu bagikan es gratis untuk anak yatim walaupun hidupnya juga serba kekurangan. Begini kisahnya yang sangat menginspirasi!

Banyak sekali penjual makanan yang telah lanjut usia, namun masih semangat untuk berjualan. Mereka seolah tak patah semangat untuk memenuhi kebutuhan di usia yang telah senja.

Bahkan kisah mereka kerap mengundang simpati dari masyarakat. Tak jarang juga menginspirasi banyak orang. Seperti seorang kakek berusia 70 tahun di Yogyakarta ini.

Dilansir dari Instagram @kitabisacom (11/2), kakek bernama Jumiyo ini diketahui sehari-harinya berjualan es. Es yang ditawarkan oleh kakek Jumiyo adalah es goyang. Namun, beliau menamakannya es jadul dan ditulis pada gerobaknya.

penjual es yang berikan gratis untuk anak yatimpenjual es yang berikan gratis untuk anak yatim Foto: Instagram @kitabisacom

Kakek Jumiyo berjualan dengan mengayuh sepedanya yang telah usang. Beliau berjualan di sekitar Alun-alun Kidul Yogyakarta.

Baca Juga: Demi Bisa Pergi Haji, Kakek Ini Semangat Jualan Es Cendol

Es jadulnya ini ditawarkan dengan harga Rp 2.000 per tusuk. Es jadul ini juga dibuat sendiri oleh kakek Jumiyo dibantu oleh sang istri.

penjual es yang berikan gratis untuk anak yatimpenjual es yang berikan gratis untuk anak yatim Foto: Instagram @kitabisacom

Pada gerobak es jadul milik kakek Jumiyo ini ada selembaran bertuliskan 'Khusus Anak Yatim Gratis Es Jadul'. Ternyata kakek ini memang berniat untuk bersedekah.

"Ya memang saya itu jualan, agar di usia senja gak ngerepotin anak cucu. Tapi selain itu ada yang terpenting lagi, yaitu sedekah," ujar kakek Jumiyo seperti dikutip dari Instagram @kitabisacom (11/2).

"Istri saya yang suka ngingetin; jangan lupa nanti esnya digratisin buat anak yatim," lanjut kakek Jumiyo.

penjual es yang berikan gratis untuk anak yatimpenjual es yang berikan gratis untuk anak yatim Foto: Instagram @kitabisacom

Walaupun pendapatan kakek Jumiyo dari berjualan es tidak seberapa, namun tak menyurutkan niatnya untuk bersedakah. Tak hanya itu saja, kakek Jumiyo juga sering mengumpulkan uang hasil berjualan untuk membeli Al-Qur'an dan Iqro yang nantinya beliau sumbangkan ke Tempat Pendidikan Al-Quran (TPA) di dekat rumahnya.

Kisah menginspirasi kakek Jumiyo ini ternyata menyita perhatian netizen. Banyak yang salut dengan kegigihan serta sifat kakek Jumiyo yang suka berbagi.

"Semoga mbah dan keluarga sehat selalu, dilancarkan rezekinya aminnn," tulis netizen. "Mbah Jumiyo sehat-sehat ya mbah!" sahut netizen lain.

Baca Juga: Kakek 90 Tahun Penjual Pentol Ini Mengayuh Sepeda Usang Demi Cari Pembeli



Simak Video "Menyentuh! Pengamen Biola Tunanetra Ini Santuni Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com