Ini Tampilan Gerai Pertama Pizza Hut hingga Taco Bell di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 02 Feb 2021 15:30 WIB
Ini Tampilan Gerai Pertama Pizza Hut hingga Taco Bell di Dunia Foto: Atlas Obscura/Archive
Jakarta -

Sebelum memiliki ribuan gerai di berbagai negara banyak restoran cepat saji pertama kali berdiri di bangunan sederhana. Beberapa di antaranya masih bertahan hingga sekarang.

Banyak restoran cepat saji yang kini sudah menjadi brand global. Ribuan gerai tersebar di berbagai negara dengan variasi menu makanan yang beragam. Tapi sebelum sukses seperti sekarang, kebanyakan restoran cepat saji ini berdiri di bangunan yang sederhana.

Beberapa di antaranya bangunan-bangunan ini masih berdiri hingga sekarang. Bahkan ada bangunan restoran yang kemudian diubah menjadi monumen, atau museum untuk mengenang sejarah awal restoran cepat saji tersebut.

Seperti lokasi pertama McDonald's berdiri di San Bernardino, California. Kini tempatnya dijadikan monumen lengkap dengan hiasan burger dan papan McDonald's yang masih sangat klasik.

Sementara gerai pertama Taco Bell hampir saja dirobohkan namun berhasil diselamatkan oleh pihak restoran.

Dilansir dari Atlas Obscura (01/02), berikut lima gerai pertama restoran cepat saji di dunia.


1. Taco Bell

Ini Tampilan Gerai Pertama Pizza Hut hingga Taco Bell di DuniaIni Tampilan Gerai Pertama Pizza Hut hingga Taco Bell di Dunia Foto: Atlas Obscura/Archive

Sedang hits dan jadi tempat makan yang tren di Jakarta, Taco Bell punya sejarah yang panjang. Restoran Meksiko yang satu ini awalnya didirikan oleh Glen Bell di Downey, California pada tahun 1964. Dalam waktu singkat, Glen berhasil membuka franchise Taco Bell hingga menjadi restoran cepat saji populer seperti sekarang.

Berselang 53 tahun setelah Taco Bell pertama dibuka. Bangunan restoran itu akan dirubuhkan. Untungnya pihak Taco Bell mengetahui hal ini, mereka pun memindahkan bangunan tua itu ke kantor pusat Taco Bell di Irvine.

Proses pemindahan bangunan bersejarah ini dilakukan pada tahun 2015 lalu. Semua struktur bangunan hingga papan nama Taco Bell yang klasik masih ada. Pihak Taco Bell memastikan akan merawat dan menjaga gedung bersejarah ini dengan baik.


2. McDonald's

Ini Tampilan Gerai Pertama Pizza Hut hingga Taco Bell di DuniaIni Tampilan Gerai Pertama Pizza Hut hingga Taco Bell di Dunia Foto: Atlas Obscura/Archive

Mudah ditemukan di mana-mana dan digemari banyak orang. McDonald's dulu hanya fokus menjual burger saja. Gerai pertama mereka dibuka di tahun 1955, tepatnya di San Bernardino, California.

Meski gedung asli dari gerai pertama McDonald's ini sudah dirobohkan pada tahun 1970-an. Namun di tahun 1998, beberapa orang-orang membangun monumen tepat di lokasi berdirinya gerai pertama McDonald's.

Monumen ini menjadi museum tak resmi dari McDonald's. Monumen ini dilengkapi hiasan burger, plang besi dengan tulisan hamburger. Serta lambang McDonald's yang masih klasik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Bubur Bakar Hits di Solo Cita Rasa Masakan Hotel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com