Kocak! Begini Reaksi Orang Jepang Saat Minum Jamu Pertama Kali

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 30 Jan 2021 13:00 WIB
orang jepang cobain jamu Foto: YouTube Nihongo Mantappu
Jakarta -

Tiga pria Jepang ini baru pertama kali minum jamu jahe hingga kunyit asam. Mereka merasa aneh ketika mencicipinya dan reaksinya kocak.

Jamu adalah minuman tradisional khas Indonesia yang biasa dikonsumsi sebagai obat. Jamu terbuat dari rempah-rempah khas Indoensia seperti jahe, kencur, kunyit, dan lainnya.

Bagi orang Indonesia, jamu sudah biasa dikonsumsi. Biasanya dijual di warung pinggir jalan, tapi ada juga yang menawarkannya keliling kampung. Biasanya digendong atau memakai sepeda.

Jamu yang paling populer di Indonesia adalah kunir asam. Jamu ini terbuat dari kunyit. Rasanya asam, manis, dan agak pahit. Walaupun begitu fungsinya baik untuk kesehatan tubuh.

orang jepang cobain jamuorang jepang cobain jamu Foto: YouTube Nihongo Mantappu

Lewat video milik Jerome Polim di channel YouTube bernama Nihongo Mantappu (28/1), ketiga temannya yang merupakan orang asli Jepang diminta untuk mencicipi jamu-jamu khas Indonesia.

Pertama, mereka mencicipi jamu jahe. Namun, tak ada masalah ketika mereka mencicipi jamu rasa jahe ini. Malah mereka mengatakan rasanya cukup enak.

Baca Juga: 5 Momen Seru Bule Barcelona Pertama Kali Cicip Makanan Indonesia

Tapi ketika mencicipi jamu kunyit asam, mereka agak takut. Apalagi ketika mencium aroma jamu kunyit asam itu.

Ketika meneguknya, teman-teman dari Jerome Polim ini langsung merasakan sensasi aneh. Terlihat dari ekspresinya kalau mereka tidak menyukai jamu kunyit asam.

orang jepang cobain jamuorang jepang cobain jamu Foto: YouTube Nihongo Mantappu

"Ini gila sih! Kalau jahe bagi orang Jepang masih oke lah. Tapi, kalo kunyit asem tuh agak gimana gitu," ujar salah satu orang Jepang.

Selanjutnya, Jerome Polim dan ketiga temannya yang orang Jepang itu mencoba minum jamu campuran. Saat melihat warnanya, mereka juga yakin kalau rasa jamu ini tidak enak. Apalagi warnanya yang mirip kare, menurut orang Jepang itu.

"Keliatannya mirip kare ya," kata orang Jepang.

orang jepang cobain jamuorang jepang cobain jamu Foto: YouTube Nihongo Mantappu

Benar saja, ketika meneguknya mereka tampak tak menyukainya. "Sampe merinding," ujar salah seorang dari mereka.

Jerome Polim juga sempat menjelaskan soal jamu ke teman-temannya ini. Ia juga mengatakan kalau jamu ini didapatkan dari Jepang. Ada orang Jepang yang memproduksi jamu khas Indonesia ini.

Baca Juga: 5 Momen Orang Asing Minum Jamu, Coba Kunyit Asam hingga Brotowali



Simak Video "Melihat Proses Pembungkusan Jamu, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com