5 Momen Orang Asing Minum Jamu, Coba Kunyit Asam hingga Brotowali

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 13 Sep 2020 09:30 WIB
Orang Asing Coba Minum Jamu Foto: YouTube
Jakarta -

Orang-orang asing ini coba minum jamu yang merupakan minuman tradisional Indonesia. Mulai dari kunyit asam hingga brotowali. Gimana ya reaksi mereka?

Jamu merupakan minuman tradisional yang dikonsumsi untuk mendapat manfaat sehatnya. Terbuat dari rempah Indonesia, seperti kunyit, kencur, temulawak, dan lainnya. Semua rempah ini kaya khasiat.

Biasanya jamu dijajakan penjual keliling. Dikemas dalam wadah botol lalu digendong menggunakan jarik. Ada juga penjual jamu di kios kecil ataupun menggunakan sepeda keliling.

Untuk orang Indonesia minum jamu sudah hal yang biasa. Tapi tidak dengan orang asing. Beberapa dari orang asing coba minum jamu untuk pertama kalinya, gimana ya reaksinya?

Berikut 5 momen orang asing minum jamu:

1. Bule Barcelona Minum Jamu Kunyit

Orang Asing Coba Minum JamuOrang Asing Coba Minum Jamu Foto: YouTube Setengah Bule

Dalam acara makan Calcot beberapa waktu lalu di Barcelona, Spanyol, beberapa bule di sana terlihat menikmati makanan dan minuman Indonesia yang disajikan. Seperti sate hingga jamu kunyit.

Setelah menikmati sate yang dihidangkan beberapa bule ini disuguhkan satu gelas kecil jamu kunyit. Bule Barcelona bernama Clara menjelaskan bahan yang dicampurkan pada jamu tersebut, seperti kunyit, jahe, dan lainnya.

Saat mencicipinya, Clara tak terlihat kesulitan menelannya. Bahkan ia mengatakan kalau jamu kunyit itu enak. Alex juga mencicipi jamu tersebut dan mengatakan kalau rasanya masih cocok di lidahnya.

Baca Juga: Lengkapi Sarapan dengan Jamu Tradisional Untuk Tingkatkan Imunitas

2. Bule Rusia Minum Jamu Brotowali

Orang Asing Coba Minum JamuOrang Asing Coba Minum Jamu Foto: YouTube Trubusid

Seorang bule asal Rusia yaitu Andrey Votinstsev juga pernah mencoba minum jamu. Bahkan yang diminumnya adalah jamu brotowali yang terkenal sangat pahit. Bule ini tinggal dan bekerja di Bali sebagai instruktur selancar.

Tak hanya di Bali saja, Andrey juga sempat ke Jakarta untuk menghadiri undangan dari kedutaan. Ia juga menyempatkan diri untuk menikmati jajanan kaki lima dan membeli jamu brotowali.

Brotowali yang ia beli ditaruh dalam gelas bersama manisan (air jahe). Saat mencium aromanya, Andrey sempet bingung karena mirip dengan rumput. Baru menyesapnya sedikit, Andrey langsung mengatakan kalau rasanya tak enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Dia Loloh Cemcem, Jamu yang Berkhasiat!"
[Gambas:Video 20detik]