Kuliner China di Bekasi

Bakcang hingga Sate, Jajanan Serba Babi di Kawasan Pecinan Bekasi

Devi Setya - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 16:30 WIB
Perkembangan Pecinan di Bekasi, Berawal dari Para Pedagang Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Tidak sulit menemukan kuliner non halal di kawasan pecinan. Termasuk di Bekasi yang bisa jadi tempat berburu bakcang hingga sate babi.

Bagi penggemar kuliner berbahan daging babi, salah satu tempat paling tepat untuk berburu makanan ini yakni di kawasan pecinan. Di Pancoran Glodok, Jakarta atau di Jalan Suryakencana, Bogor adalah kawasan pecinan yang menawarkan kuliner daging babi. Sementara buat yang di Bekasi, ada di kawasan Pasar Proyek.

Pasar Proyek yang berlokasi di Jalan Mayor Oking, Bekasi Timur ini menjadi satu-satunya kawasan pecinan di Kota Bekasi. Hal ini dipertegas dengan adanya klenteng tertua di Bekasi yang usianya lebih dari 350 tahun.

Layaknya kawasan pecinan lain, di sini juga ada beberapa makanan non halal yang dijajakan. Ada camilan dan makanan berat yang menggoda.

Berikut beberapa kuliner non halal di Pasar Proyek, kawasan pecinan Bekasi.

1. Bakcang babi

Bakcang hingga Sate, Jajanan Serba Babi di Kawasan Pecinan BekasiBakcang hingga Sate, Jajanan Serba Babi di Kawasan Pecinan Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Sedang mencari sarapan pengganjal perut? Kamu wahib coba jajan bakcang isi babi. Di Pasar Proyek, ada bakcang yang dijajakan di lapak penjual kue tradisional. Setiap pagi, bakcang isi daging babi tersaji segar. Jadi jangan datang terlalu siang karena bakcang akan langsung ludes dengan cepat.

Olahan ketan yang diisi dengan daging babi cincang berbumbu manis gurih ini bisa jadi penganan pagi hari. Makanan gurih asal China ini juga dibungkus dengan daun bambu yang membuat aromanya makin sedap. Satu buah bakcang dibanderol dengan harga Rp 12.000.

Ada dua varian isi bakcang di sini yakni isi daging babi dan daging ayam. Untuk membedakannya, bakcang isi babi diikat dengan tali merah sementara bakcang isi daging ayam diikat menggunakan tali kuning. Jadi buat yang makan babi tetap bisa menikmati lembut gurih bakcang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berburu Kuliner Sambil Belajar Sejarah Tionghoa di Pecinan Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com