Logo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat di Media Sosial

Diah Afrilian - detikFood Senin, 11 Jan 2021 15:00 WIB
Logo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media Sosial Foto: Twitter
Jakarta -

Burger King mengganti logonya yang sudah dipakai 20 tahun. Hal ini memicu perdebatan seru di media sosial antar para penggemarnya.

Siapa yang tidak kenal Burger King? Restoran cepat saji yang punya beragam varian burger andalannya. Mulai dari burger untuk anak-anak hingga burger ukuran super besar untuk orang dewasa.

Burger King merupakan restoran cepat saji asal Florida, Amerika Serikat yang mulai berdiri sejak tahun 1954. Sebelumnya masuknya dan berkembangnya berbagai restoran burger cepat saji, Burger King sudah terlebih dahulu menyajikan burger di Indonesia.

Logo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media SosialLogo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media Sosial Foto: Twitter

Restoran burger cepat saji dengan lambang burger kuning yang ada di dalam lingkaran biru ini ternyata tengah menuai perdebatan. Perdebatan yang terjadi pada para penggemar burger cepat saji ini akibat pengumuman perubahan logo yang dilakukan oleh Burger King.

Mengutip dari Daily Mail UK (10/1), Burger King mengumumkan perombakan kemasan, menu, logo, dan seragamnya pada hari Kamis. Mereka memutuskan untuk mengubah logo kuning, merah dan biru yang mulai diperkenalkan pada tahun 1999, menjadi kembali ke tampilan yang mirip dengan yang mereka gunakan pada tahun 1990-an.

Pergantian ini disambut dengan berbagai perdebatan yang datang dari penggemarnya di media sosial. Sebagian penggemarnya justru mengatakan logo tersebut tidak pantas. Sedangkan sebagian lainnya justru memuji dan bernostalgia dengan logo yang baru.

Whooper Burger KingWhooper Burger King Foto: instagram Burger King Indonesia

"Aku memulai cuitan ini awalnya terkejut karena Burger King mengganti logo mereka tetapi kemudian aku melihat sejarahnya kembali dan ini benar-benar logo pada tahun 1999... oke," tulis akun twitter @wrkhs.

Cuitan ini nampaknya bukan satu-satunya yang bernostalgia dengan logo Burger King berpuluh-puluh tahun lalu. Cuitan lainnya pun disampaikan oleh akun twitter @m1i1l1e1s yang membawanya kembali pada tahun 1979 saat ia makan di Burger King.

Baca Juga: Burger King Minta Pelanggan Beli Makanan di McDonald's dan Warteg

"Aku cukup yakin logo baru #BurgerKing sama dengan yang mereka miliki terakhir kali saya makan di sana pada tahun 1979," tulis @m1il1e1s melalui cuitannya di akun twitter pribadinya.

Logo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media SosialLogo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media Sosial Foto: Twitter

Perombakan logo ini bukan hanya menyita perhatian para penggemarnya. Bahkan seorang mantan desainer logo pun turut mengomentari perubahan logo dari restoran burger ini.

"Sebagai mantan desainer logo, saya. Suka. Ini. Desain datar 'sederhana' jauh lebih sulit untuk dilihat sebagaimana mestinya daripada yang terlihat, tetapi segala sesuatu tentang rebranding Burger King sangat sempurna," tulis akun twitter @arguablyalive melalui cuitannya.

Burger King mengungkapkan bahwa perubahan beberapa penampilan mereka ini mendapatkan perhatian yang sangat besar dari penggemarnya terutama terkait perubahan logo. Pihaknya mengatakan bahwa bentuk retro yang digunakan kembali dimaksudkan untuk mewakili bentuk burger dengan lebih baik.

Logo dengan garis biru yang mengelilingi burger ini memang terlihat lebih modern. Menghilangkan lingkaran biru yang mengelilingi burger pada logonya bukan semata-mata tanpa maksud. Garis biru tersebut dihilangkan dengan tujuan untuk menggantikan pewarnaan yang lebih sederhana dan minimalis serta menampilkan burger secara nyata.

Logo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media SosialLogo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media Sosial Foto: Twitter

"Tunggu, aku tidak sadar Burger King membawa kembali logo lama mereka," tulis alkun @nostephnoX yang juga terkejut dengan perubahan logo yang dilakukan Burger King.

"Ini tidak terasa seperti mengikuti penekanan minimalis, ini hanya mengubah sedikit logo lama dengan versi yang lebih baik, desain logo yang lebih baik. ini adalah logo terbaik dari burger king menurutku," respon akun @wayslidecool terkait penggunaan kembali logo lama Burger King.

Seorang desainer kenamaan bahkan ikut serta dalam perdebatan perombakan logo Burger King ini.

"Aku suka ini. Tidak trendy. Ini hanya logo lama yang sederhana," ungkap Paul Trani melalui akun twitter pribadinya @paultrani.

Rebranding Burger King kembali dilakukan setelah sebelumnya melakukan hal serupa pada 20 tahun yang lalu. Termasuk logo dengan huruf berbentuk bulat yang mencerminkan bentuk burger dan beberapa menu lainnya.

Logo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media SosialLogo Burger King Diganti Setelah 20 Tahun, Netizen Berdebat Media Sosial Foto: Twitter

Penggunaan warna-warna dalam nuansa cokelat dan merah diartikan sebagai proses pemanggangan Burger King. Serta warna hijau yang digunakan sebagai penggunaan bahan-bahan yang segar pada burger mereka.

Penggunaan desain ini bukan satu-satunya menjadi detail untuk menghormati makanan yang mereka produksi. Bahkan bentuk huruf yang digunakan dalam desain baru ini diakui mewakili hidangan Burger King untuk bentuk dan rasa makanannya dengan tagline mereka 'bulat, berani, enak'.

Baca Juga: Burger King Ajak Pelanggan Jajan Makanan McD, Ridwan Kamil Ikut Komentar



Simak Video "Kurangi Penggunaan Plastik, Burger King Inggris Setop Bagikan Mainan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com