Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Minggu, 03 Jan 2021 14:30 WIB
Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Somrakjendee
Jakarta -

Tempe dan tahu biasa jadi makanan sehari-hari. Tapi belakangan ini duo olahan kedelai ini mendadak langka dan hilang dari pasaran. Apa penyebabnya?

Pembeli tahu dan tempe di Jabodetabek risau dengan stok olahan kacang kedelai ini. Makanan yang biasa jadi sajian di rumah ini mendadak sulit di temukan. Hampir seluruh pedagang tahu dan tempe seolah kompak berhenti berproduksi.

Para pedagang mengeluh soal harga kedelai yang mendadak naik drastis tanpa alasan jelas. Kenaikan harga kedelai ini membuat para pedagang keberatan.

Jika tetap berproduksi, maka keuntungan yang didapat akan menurun tajam. Tak hanya melonjaknya harga kedelai, stok kedelai impor juga menipis dan mulai langka.

Lantas seperti apa fakta dibalik 'hilangnya' tempe dan tahu di pasaran?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta soal tempe dan tahu yang ramai jadi perbincangan publik.

1. Kenaikan harga kedelai impor

Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini FaktanyaTempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Somrakjendee

Para pengrajin tempe dan tahu mengeluhkan harga kedelai yang melonjak tajam. Perkilo kedelai mentah dibanderol dengan harga Rp 9.200 hingga Rp 10.000 per kilogram, padahal harga normalnya sekitar Rp 6.500 hingga Rp 7.000 per kilogram.

Kenaikan harga secara dadakan ini membuat pengrajin tempe merasa keberatan. Kenaikan harga kedelai ini disinyalir terjadi sejak tanggal 29 Desember 2020. Hingga kini para pengrajin tempe dan tahu belum mendapat kejelasan dari penyebab naiknya harga kedelai.

Dilansir dari CNBC (3/1) Mu'alimin Ketua Sahabat Pengrajin Tempe Pekalongan Indonesia (SPTP I ) Jakarta Barat mengatakan kenaikan harga kedelai ini dinilai tidak wajar. Biasanya kenaikan harga kedelai berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Saat rupiah melemah, maka harga kedelai akan mengalami kenaikan. Yang ia pertanyakan, saat ini rupiah sedang tidak melemah, namun harga kedelai justru melonjak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Selain Kedelai, Tempe Juga Bisa Dibuat dari Beragam Biji-bijian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com