Kuliner China Kontemporer

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 17:30 WIB
5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art
Jakarta -

Banyak jajanan lokal hasil adaptasi kuliner China yang masih populer sampai sekarang. Seperti lumpia, bakso hingga onde-onde.

Diperkenalkan lewat saudagar-saudagar asal China yang berlabuh di Indonesia, banyak makanan tradisional yang merupakan hasil adaptasi dari kuliner China. Terutama aneka jajanan lokal yang masih eksis sampai sekarang.

Seperti siomay contohnya, jajanan khas Bandung ini merupakan hasil adaptasi dumpling atau shu mai khas China. Lalu ada juga lumpia yang merupakan jajanan hasil perpaduan budaya kuliner Jawa dan China di abad 19.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima jajanan lokal enak yang diadaptasi oleh kuliner China dan tetap populer hingga sekarang.

Baca Juga: Dibawa Saudagar China, Diracik Oleh Warga Lokal Jadi Sajian Unik


1. Lumpia

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

Terkenal sebagai jajanan sekaligus oleh-oleh khas Semarang, lumpia merupakan bukti nyata perpaduan kuliner China dan Jawa yang masih eksis sampai sekarang.

Nama lumpia sendiri di ambil dari dialek Hokkian. 'Lum' artinya lunak dan 'pia' artinya kue. Pada awal kemunculannya di abad 19, lumpia tidak digoreng seperti sekarang melainkan bentuknya menyerupai kue lunak.

Untuk menyesuaikan dengan selera orang Jawa, akhirnya lumpia mulai dimodifikasi sampai munculah lumpia yang digoreng. Dulu lumpia berisi daging babi dan rebung, kemudian ketika masuk Semarang isiannya berupa rebung, ebi, telur dan udang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Dendeng hingga Rendang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com