Ketika 5 Makanan Rakyat Dijual Mahal, Singkong Goreng Harganya Rp 187 Ribu!

Riska Fitria - detikFood Minggu, 27 Des 2020 17:00 WIB
Ketika 5 Makanan Rakyat Dijual Mahal, Singkong Goreng Harganya Rp 187 Ribu! Foto: Instagram @okintph
Jakarta -

Saking murahnya beberapa makanan ini dijuluki sebagai makanan rakyat. Namun, makanan rakyat juga ada yang dibanderol dengan harga tak wajar. Apa saja ya daftarnya?

Di Indonesia ada beberapa makanan yang disebut sebagai makanan rakyat. Itu karena bahan dasarnya yang mudah ditemui dan proses memasaknya yang tidak rumit. Maka tak heran harga yang ditawarkan pun murah meriah.

Seperti pecel lele misalnya, makanan yang banyak ditawarkan di warung pinggir jalan umumnya dibanderol seharga Rp 20.000. Namun, di Jepang harganya menjulang tinggi.

Tidak hanya pecel lele saja, tetapi juga ada beberapa jenis makanan lainnya yang semula dikenal sebagai makanan rakyat tetapi dibanderol dengan harga fantastis. Harganya ada yang mencapai Rp 300 ribu per porsi.

Berikut 5 makanan rakyat yang dibanderol dengan harga tinggi:

1. Pecel Lele

Ketika 5 Makanan Rakyat Dijual Mahal, Singkong Goreng Harganya Rp 187 Ribu!Ketika 5 Makanan Rakyat Dijual Mahal, Singkong Goreng Harganya Rp 187 Ribu! Foto: Twitter @KharisJalu

Pecel lele merupakan kuliner khas Surabaya, Jawa Timur. Hidangannya berupa ikan lele goreng, lalu disajikan dengan sambal dan lalapan seperti mentimun, daun kemangi, selada hingga kol.

Umumnya pecel lele banyak ditawarkan di warung tenda kaki lima. Harga yang ditawarkan untuk satu porsinya biasanya sekitar Rp 20.000. Namun, berbeda dengan pecel lele yang ditawarkan oleh restoran di Jepang.

Seorang pengguna Twitter dengan akun @KharisJalu, mengunggah buku menu di sebuah restoran. Dalam foto tersebut, terlihat sepiring lele goreng yang disajikan dengan sambal dalam wadah berbeda.

Dalam buku menu tersebut nama menu lele goreng juga tertulis dalam bahasa Jepang. Selain itu, juga tertera harga seporsinya yaitu 1.300 yen atau setara dengan Rp 178.235.

Namun, harga lele goreng atau biasa disebut pecel lele tersebut di saat tahun 2013. Foto buku menu itu pun menjadi viral dan membuat netizen terkejut.

2. Singkong Goreng

Ketika 5 Makanan Rakyat Dijual Mahal, Singkong Goreng Harganya Rp 187 Ribu!Ketika 5 Makanan Rakyat Dijual Mahal, Singkong Goreng Harganya Rp 187 Ribu! Foto: Instagram @okintph

Singkong goreng juga merupakan makanan yang biasa dibanderol dengan harga murah. Itu karena bahan dasarnya yang mudah ditemui, yaitu berupa singkong. Singkong goreng bayak ditawarkan di penjual gorengan.

Umumnya satu buah singkong goreng dibanderol dengan harga Rp 1.000. Namun, berbeda dengan singkong goreng yang ditawarkan oleh restoran ini. Tiga buah singkong goreng dibanderol seharga Rp 187.555.

Singkong goreng mahal tersebut dibeli oleh selebgram bernama Niko Al Hakim atau yang akrab disapa Okin. Bukan hanya singkong goreng saja, restoran tersebut juga menawarkan berbagai makanan lainnya dengan harga fantastis.

Seperti gado-gado seharga Rp 212.000, soto ayam Lamongan Rp 215.000, sop buntut Rp 265.000 dan masih banyak lagi. Pengalamannya tersebut pun jadi viral di media sosial. Banyak netizen yang menduga restoran itu ada di sebuah hotel berbintang.

Baca Juga : Syok! Selebgram Niko Al Hakim Beli Singkong Goreng Harganya Rp. 187 ribu

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com