5 Trik Hemat Belanja Mingguan Agar Kantong Tak Jebol

Devi Setya - detikFood Kamis, 17 Des 2020 17:30 WIB
Belanja di pasar modern Foto: iStock
Jakarta -

Pengeluaran belanja kebutuhan pokok perlu diatur. Untuk belanja mingguan misalnya, ada trik yang harus dilakukan agar pengeluaran tak bikin kantong jebol.


Belanja mingguan biasanya dilakukan untuk keperluan memasak. Dengan belanja mingguan, kamu bisa lebih berhemat asalkan pintar menyusun menu masakan yang akan jadi santapan keluarga. Mengatur keuangan untuk belanja mingguan sangat penting, terutama bagi pasangan yang baru menjalani rumah tangga.

Berbagai siasat bisa dilakukan agar pengeluaran tak membengkak. Beberapa diantaranya yakni dengan belanja di pasar tradisional dan memanfaatkan diskonan produk makanan.

Berikut tips dan trik belanja mingguan yang bisa diterapkan di rumah.

1. Membuat susunan menu dan catatan belanja

Menyusun menu mingguan bisa jadi langkah pertama yang kamu lakukan. Diskusikan dengan suami dan anak-anak soal makanan apa yang ingin disantap. Kamu juga bisa menyusun menu sendiri yang pastinya sudah disesuaikan dengan selera keluarga.

Buat menu mingguan yang terdiri dari lauk, makanan pendamping hingga makanan pelengkap. Perhatikan segi nutrisi dan paduan rasa masakan agar anggota keluarga makan dengan lahap.

Dengan susunan belanja ini, kamu bisa menentukan kebutuhan apa saja yang harus dibeli, lengkap dengan jumlahnya. Dibandingkan menyusun menu harian, cara ini terbilang lebih efektif dan efisien karena tak perlu belanja setiap hari.

Saat belanja juga kamu harus berkomitmen untuk membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lapar mata, atau tergoda membeli barang yang sebenarnya tidak ada dalam daftar belanja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com