Tips Belanja Bulanan Hemat Ala Emak-emak Masa Kini

Devi Setya - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 07:00 WIB
Tips Belanja Bulanan Hemat Ala Emak-emak Masa Kini Foto: Getty Images/iStockphoto/John_Lamb
Jakarta -

Belanja bulanan jadi agenda rutin ibu-ibu. Berbagai kebutuhan rumah tangga harus dipenuhi namun dengan budget seminimal mungkin. Simak tipsnya.

Menyiasati belanja bulanan memang susah-susah gampang. Emak-emak harus pandai memutar otak agar semua kebutuhan terpenuhi tanpa menguras isi kantong.

Seorang emak-emak pengguna tiktok membagikan tips belanja bulanan hemat. Ia merekam aksinya belanja mulai dari memilih makanan diskon hingga membeli minyak goreng yang harganya paling murah.

Tips Belanja Bulanan Hemat Ala Emak-emak Masa KiniTips Belanja Bulanan Hemat Ala Emak-emak Masa Kini Foto: Getty Images/iStockphoto/John_Lamb

Siasat belanja bulanan hemmatnya adalah dengan membeli barang kebutuhan yang harganya paling murah. Ia tak masalah kalau memakai minyak goreng berbeda merek setiap bulan, demikian juga dengan sabun cuci piring. Sementara saat membeli mie instan ia akan memilih mie yang paling berat.

Untuk telur, ia memilih telur yang ukurannya kecil agar bisa mendapat lebih banyak. Dengan cara demikian, emak-emak bisa menghemat pengeluaran untuk belanja bulanan.

Sebenarnya setiap emak-emak punya trik khusus untuk menghemat pengeluaran saat belanja bulanan. Salah satu tipsnya dibagikan oleh Tantri Namirah, selebgram yang juga istri dari Haykal Kamil.

Berikut tips belanja bulanan hemat ala Tantri Namirah.

1. Gunakan catatan belanja

Jangan remehkan catatan daftar belanja, karena ini bisa jadi panduan agar kamu tidak kalap saat melihat barang belanjaan. Tantri mengaku setiap bulannya selalu membawa daftar belanja setiap pergi ke supermarket.

Deretan kebutuhan rumah tangga ini membantunya tetap fokus pada belanjaan yang harus dibeli. Daftar belanja juga membantu menekan pengeluaran berlebih karena lapar mata.

"Kadang kalau belanja kudu harus di bikin limit apa nggak sih? Kalau aku di bikin list daftar belanja karena kalau nggak pakai list bisa-bisa yang nggak perlu dibeli juga hahaha," kata Tantri.

Selanjutnya
Halaman
1 2