Selain Madu, Ini 5 Pengganti Gula Alami yang Dianjurkan Para Ahli

Diah Afrilian - detikFood Senin, 07 Des 2020 08:00 WIB
3 Jenis Gula Merah, Ada yang Berasal dari Pohon Lontar dan Kelapa Foto: iStock

4. Sirup Maple

Sirup maple adalah salah satu alternatif terbaik untuk gula putih. Kandungan antioksidan dan vitamin serta mineral yang banyak membuat sirup maple dapat digunakan untuk berbagai hidangan manis.

Sirup maple memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula lain yang berarti sangat bagus untuk orang-orang yang memiliki masalah kadar gula darah tinggi. Gula maple dapat digunakan untuk pemanis teh, saus salad, dan smoothie untuk mendapat manfaat sehatnya.

5. Buah Tin

buah tinIni 5 Pengganti Gula Alami yang Dianjurkan Para Ahli Foto: iStock

Buah fig atau buah ara atau buah tin terdiri dari karbohidrat yang sangat sederhana yang dapat dipecah dengan mudah. Hal tersebut membuat buah tin tidak akan meningkatkan kadar insulin seperti yang akan dihasilkan oleh gula olahan.

Tambahkan beberapa buah tin pada olahan kue bisa menjadi cara yang tepat untuk mengonsumsi buah ini. Buah tin juga bisa dikonsumsi dengan cara direndam dalam air dan kemudian dihaluskan. Buah tin punya manfaat yang baik untuk kesehatan tulang, darah dan sistem pencernaan.

6. Jaggery

Jaggery adalah bentuk alami pengganti gula yang berasal dari tebu. Karena bentuknya yang tidak dimurnikan jaggery mengandung vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan penting.

Mengonsumsi sepotong kecil jaggery setelah makan dapat mengaktifkan enzim pencernaan. Jaggery bagus untuk penderita anemia karena dapat meningkatkan kadar haemoglobin dalam tubuh. Jaggery juga baik untuk mencegah flu di musim dingin.

Baca Juga: Sama Manis Rasanya, 4 Pemanis Alami Ini Lebih Sehat dari Gula

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com