Sedang Kurangi Gula? Ini 5 Pemanis Alami dan Sehat untuk Minuman

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 01 Okt 2019 10:00 WIB
Foto: ts Foto: ts
Jakarta - Minuman segar tanpa gula memang tidak memiliki rasa yang memuaskan. Namun bagi Anda yang sedang kurangi gula, Anda bisa ikuti 5 cara ini dalam membuat pemanis alami.

Agar memiliki tubuh yang sehat, banyak orang berusaha menghindari gula tambahan dalam makanan maupun minuman. Tetapi minuman tanpa gula tentu memiliki rasa yang tidak memuaskan. Apalagi untuk minuman dingin seperti soda, teh atau jus.

Agar mengurangi gula tambahan, Anda bisa ikuti 5 cara ini dalam menciptakan pemanis alami. Informasinya dilansir dari Live Strong (26/9) seperti berikut.

Baca Juga: Asupan Gula Jagung Pada Minuman Kemasan Terbukti Tingkatkan Risiko Tumor

1. Buah
Sedang Kurangi Gula? Ini 5 Pemanis Alami dan Sehat untuk MinumanFoto: freepik

Untuk kurangi gula tambahan, Anda bisa ganti dengan buah. Buah memang mengandung gula, tetapi bukan gula tambahan. Bukan hanya gula alami, Anda juga mendapatkan serat, berbagai vitamin dan mineral dari buah. Dengan memasukkan air dan buah segar, ini adalah cara yang bagus untuk menyegarkan dahaga dan meningkatkan energi Anda.

Selain dicampur dengan air mineral, Anda juga mencampurkan buah segar seperti raspberry dengan daun mint, kemudian tambahkan es. Selain segar, minuman ini juga sehat karena tanpa gula tambahan.

2. Sirup Bebas Gula

Selain buah, Anda juga bisa menambahkan minuman Anda dengan sirup bebas gula. Anda bisa cari di supermarket. Jangan lupa cek daftar label bahannya untuk membuktikan bahwa sirup benar-benar bebas gula tambahan. Sirup bebas gula ini bisa ditambahkan dalam beragam minuman, panas atau dingin.

3. Racikan Teh Buatan Sendiri
Sedang Kurangi Gula? Ini 5 Pemanis Alami dan Sehat untuk MinumanFoto: iStock

Tidak ada salahnya untuk bereksperimen dalam membuat minuman kesukaan Anda. Bagi penggemar teh, tentu sangat tidak memuaskan jika minum teh yang tidak manis. Jangan khawatir, Anda bisa hasilkan rasa manis tanpa gula tambahan melainkan dari buah.

Anda bisa siapkan teh tanpa pemanis buatan di teko besar, kemudian dinginkan di kulkas. Kemudian Anda bisa minum teh tersebut sepuasnya yang dimasukkan ke gelas, kemudian Anda bisa tambahkan irisan lemon, jeruk nipis atau mint.

4. Jus alami

Banyak jus dijual yang mengandung asupan gula tambahan. Untuk menghindarinya, Anda bisa buat sendiri jus alami tanpa pemanis buatan. Bahkan Anda juga bisa mencampurkan beberapa buah kesukaan Anda untuk membuat jus, seperti mangga, strawberry, dan ceri.

5. Rempah dan Ekstrak
Sedang Kurangi Gula? Ini 5 Pemanis Alami dan Sehat untuk MinumanFoto: Thinkstock

Rempah dan ekstrak adalah cara segar alami untuk menambahkan rasa pada minuman tanpa menambahkan tambahan gula. Anda bisa tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila dalam secangkir teh sehingga akan memberikan aroma dan rasa yang lezat.

Atau Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke dalam kopi Anda, sehingga akan menghasilkan rasa yang lebih lezat namun tetap sehat.

Baca Juga: Pemanis Buatan Picu Rasa Lapar Terus Menerus

Simak Video "Yuk Intip Pembuatan Gula Aren Tradisional yang Mulai Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)