4 Gula Diet Rendah Kalori untuk Kesehatan yang Bisa Dicoba

Puti Yasmin - detikFood Minggu, 06 Des 2020 07:00 WIB
Bowl and spoon with pure sugar on wooden board Foto: iStock/4 Gula Diet Rendah Kalori untuk Kesehatan yang Bisa Dicoba
Jakarta -

Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebagai gantinya, detikers bisa mengonsumsi gula diet rendah kalori dari bahan alami.

Gula diet adalah pemanis dengan kandungan kalori yang rendah atau bahkan nol kalori. Dengan mengonsumsi ini, tubuh akan jauh lebih sehat.

4 gula diet rendah kalori alami dikutip dari Health Line:

  • 1. Stevia

Stevia menjadi pengganti gula untuk diet yang paling populer. Pemanis ini dibuat dari daun tanaman Stevia Rebaudiana yang diekstrak.

Adapun, senyawa yang menyebabkan daun stevia manis adalah stevioside dan rebaudioside A. Kedua senyawa ini memiliki rasa manis hingga ratusan kali dibanding gula.

Istimewanya lagi, gula diet rendah kalori Stevi tidak mengandung kalori alias nol kalori. Selain itu, berdasarkan penelitian stevia bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga kadar gula darah.

Saat ini, gula diet rendah kalori berbahan stevia telah banyak dijual di supermarket. Harga gula diet tersebut beragam antara Rp 20.000 hingga 60.000.

  • 2. Erythritol

Gula diet rendah kalori yang lain bisa didapatkan dari alkohol gula buah-buahan tertentu. Dalam setiap gramnya, gula diet ini mengandung 0,24 kalori atau sekitar 6% kalori dalam jumlah gula yang sama.

Erythritol memiliki rasa yang mirip dengan gula. Meskipun begitu, ada sedikit rasa yang berbeda.

  • 3. Xylitol

Alkohol gula yang lain adalah xylitol. Gula diet rendah kalori ini memiliki rasa manis yang mirip dengan gula. Dalam setiap gramnya, terdapat 2,4 kalori.

Selain rendah kalori, gula diet ini memiliki manfaat pada kesehatan gigi, seperti mengurangi gigi berlubang hingga kerusakan gigi. Bahkan, studi pada tikus memperlihatkan dapat mencegah osteoporosis.

  • 4. Sirup Yacon

Pemanis lainnya adalah sirup yacon. Gula diet rendah kalori ini didapatkan dari tanaman Yacon yang tumbuh di Andes, Amerika Selatan.

Sirup Yacon terkenal dapat menurunkan berat badan seseorang. Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah studi bahwa mengonsumsi gula diet rendah kalori ini menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan pada wanita yang kelebihan berat badan.

Selain itu, gula ini juga mengandung fructooligosaccharides yang sangat tinggi. Zat itu diketahui berfungsi sebagai serat larut yang memberi makan bakteri baik di usus.

Nah, detikers mau coba gula diet rendah kalori yang mana?



Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com