Selain Madu, Ini 5 Pengganti Gula Alami yang Dianjurkan Para Ahli

Diah Afrilian - detikFood Senin, 07 Des 2020 08:00 WIB
3 Jenis Gula Merah, Ada yang Berasal dari Pohon Lontar dan Kelapa Foto: iStock


2. Gula Kurma

Gula kurma berasal dari kurma yang dikeringkan yang kemudian digiling agar menjadi butiran. Gula kurma kaya akan antioksidan serta memiliki keuntungan serat tambahan.

Karena sifat mengikat dan pencampurannya yang luar biasa gula kurma bekerja cocok dengan smoothie dan kue. Namun penggunaannya tetap harus diperhatikan karena kandungan kalorinya yang masih cukup tinggi.

3. Gula Kelapa

3 Jenis Gula Merah, Ada yang Berasal dari Pohon Lontar dan KelapaIni 5 Pengganti Gula Alami yang Dianjurkan Para Ahli Foto: iStock

Gula kelapa melalui proses kristalisasi dalam pembuatannya. Hal yang hebat tentang pemanis alami ini adalah dapat menambahkan tekstur dan rasa pada hidangan. Misalnya, rasa dari gula kelapa dapat menambahkan kekentalan ketika diaduk pada teh, kopi atau ditaburi pada wafel dan pancake, atau bisa juga ditambahkan pada masakan.

Gula kelapa bisa menjadi pengganti yang baik untuk pemanis karena mempertahankan nutrisi kelapa. Gula jenis ini mengandung serat inulin karena itu baik untuk kesehatan usus. Namun kalorinya yang tinggi membuatnya tetap harus diperhatikan penggunaannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com