Lamaknyo Nasi Kapau

Selain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi Kapau

Riska Fitria - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 19:00 WIB
Selain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi Kapau Foto: iStock
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
Jakarta -

Tak melulu rendang daging sapi, nasi Kapau juga punya racikan rendang yang siap menggoyang lidah. Ada rendang daka-daka hingga rendang talua.

Bicara soal masakan Minang memang tak bisa lepas dari rendang. Namun, masih jarang yang tahu bahwa rendang sebenarnya bukan nama makanan. Melainkan nama proses memasak.

Karena itulah, rendang tak melulu terbuat dari daging sapi. Rendang ada juga yang terbuat dari bahan-bahan lainnya, seperti yang populer sebagai menu di nasi Kapau.

Mulai dari rendang itiak, rendang talua, rendang daka-daka dan masih banyak lagi. Setiap jenis rendang tersebut juga memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut 5 aneka rendang yang jadi lauk di nasi Kapau.

1. Rendang Daka-daka

Selain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi KapauSelain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi Kapau Foto : Reno Andam Suri


Rendang daka-daka merupakan salah satu lauk khas di nasi Kapau. Hal ini pernah diungkap oleh Reno Andam Suri, seorang Pakar Kuliner Minang dalam Online Food Tour bersama Aksara Pangan (22/10).

Bahkan ada yang menyebut, belum makan nasi Kapau kalau tidak pakai rendang daka-daka sebagai lauk.
Rendang daka-daka bukan terbuat dari daging hewan, melainkan dari singkong.

Singkong tersebut dipotong-potong dadu berukuran kecil. Kemudian, singkong digoreng kering baru dicampurkan dengan bumbu rendang.

Menurut Reno, para pedagang nasi Kapau sudah membuat bumbu rendang sebelum singkong digoreng. Rendang daka-daka ini memiliki citarasa yang gurih dengan balutan bumbu rendang yang pekat.

Baca Juga : Racikan Nasi Kapau Harus Punya 5 Lauk Istimewa Ini

2. Rendang Itik

Selain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi KapauSelain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi Kapau Foto: Instagram jordan_lucas_jai


Sesuai dengan namanya, rendang ini terbuat dari daging itik atau bebek. Orang Minang biasa menyebutnya dengan sebutan rendang itiak. Rendang ini memang agak jarang ditemui di Jakarta.

Namun, di daerah asalnya, rendang itik ini tak pernah absen disajikan. Masyarakat Minang juga biasa memasaknya untuk menu sehari-hari.

Rendang itik memiliki cita rasa yang berbeda dengan rendang daging, meskipun keduanya diracik dengan bumbu yang sama. Daging itik disebut lebih gurih saat dipadukan dengan bumbu rendang.

Baca Juga : Tak Hanya Rendang Daging, Ada Rendang Itik, Belut hingga Lokan yang Sedap

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Krispi Gurih Talua Barendo Khas Nasi Kapau Juragan "
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com