5 Fakta Emas yang Bisa Dimakan di Popcorn Chef Arnold

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 14:00 WIB
edible gold Foto: iStock
Jakarta -

Emas yang bisa dimakan jadi primadona untuk menyempurnakan tampilan sebuah hidangan. Tentu saja kesan mewah dan istimewa langsung terpancar!

Emas yang bisa dimakan dikenal dengan istilah edible gold. Penggunaan emas yang bisa dimakan sebagai 'garnish' hidangan sebenarnya bukan hal baru, namun tetap saja tiap ada hidangan dengan tambahan emas, langsung jadi perbincangan publik.

Seperti kreasi popcorn chef Arnold Poernomo yang tengah jadi sorotan. Kemarin (18/11), chef selebriti ini diketahui membuat popcorn dengan tambahan emas yang bisa dimakan.

Tak hanya satu jenis, chef Arnold menggunakan dua jenis emas yang bisa dimakan yaitu bubuk emas dan lembaran emas. Tentu saja hal ini menyita perhatian netizen.

Baca Juga: Chef Arnold Lelang Popcorn 'Emas' Buatannya, Laku Berapa?

Tapi sebenarnya apa itu emas yang bisa dimakan? Benarkah emas benar-benar aman dikonsumsi manusia?

Berikut detikFood merangkum 5 fakta emas yang bisa dimakan atau edible gold:

1. Emas yang bisa dimakan memiliki kode khusus

Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik 'Edible Gold'Foto: iStock

Produsen emas yang bisa dimakan tak boleh sembarangan memasarkan produknya. Di Uni Eropa dan Amerika Serikat, peredaran emas yang bisa dimakan memiliki aturan.

Kode produk emas yang bisa dimakan adalah E 175. Produk ini tergolong sebagai 'food additive' atau 'bahan tambahan pangan'.

Emas yang bisa dimakan boleh dipakai untuk kepentingan penyajian makanan. Jenis emas ini juga tergolong aman dikonsumsi. Biasanya dipakai sebagai dekorasi cookies, wine, sushi, hingga es krim.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3