Kuliner China Kontemporer

Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China

Devi Setya - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 18:02 WIB
Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China Foto: Getty Images/hxyume

2. Sapo tahu

sapo tahuFuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China Foto : Istock



Sapo tahu awalnya dikenal sebagai makanan vegetarian karena isiannya mirip capcay. Beragam sayuran dicampur jadi satu, lalu ditambah irisan tahu lembut yang sebelumnya sudah digoreng hingga berkulit.

Selain sayuran, kini sapo tahu lebih bervariasi, isiannya ada daging ayam, daging sapi dan seafood. Rasa sapo tahu pun lebih gurih karena dibumbui dengan aneka rempah dan saus oriental.

Salah satu ciri khas sapo tahu klasik adalah dimasak menggunakan claypot yakni mangkuk keramik yang membuat sapo tahu tetap hangat dalam waktu lama. Dalam jamuan makan masyarakat China, sapo tahu hadir sebagai makanan pembuka.


3. Ayam kungpao


Ayam kungpao termasuk hidangan legendaris asal China. Olahan ayam ini berasal dari Sichuan dan sudah ada sejak Dinasti Qing pada periode tahun 1820-1886.

Di negara asalnya, ayam kung pao juga dikenal dengan sebutan Gong Bao, nama ini diberikan oleh Ding Baozen yang saat itu menjabat sebagai gubernur provinsi. Gong Bao sendiri merupakan gelar untuk penjaga istana.

Ayam kungpao kini bisa dinikmati dimana saja, termasuk di warung tenda oriental. Bumbu penghasil rasa pedas pada masakan ini adalah cabai sichuan atau cabai China kering. Selain pedas yang khas, cabai ini juga memberi aroma khas pada ayam kungpao.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com