Kuliner China Kontemporer

5 Fakta Hidangan China yang Populer Sampai ke Indonesia

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 12:00 WIB
Fakta Hidangan China Foto: iStock
Jakarta -

Hidangan China yang populer di Indonesia ternyata berasal dari campuran beberapa budaya. Berikut fakta populernya hidangan China di Indonesia!

Hidangan China atau Chinese food merupakan salah satu kuliner populer di Indonesia. Hal ini karena jenis sajiannya beragam dan rasanya enak.

Konon populernya hidangan China di Indonesia sudah sejak ratusan tahun lalu. Hal ini terbukti dari banyaknya kawasan Pecinan di Indonesia.

Mulai dari hidangan China tradisional hingga modern, sampai saat ini populer di Indonesia. Adapun jenis hidangan yang populer kebanyakan dipengaruhi dari etnis Han.

Ingin mengetahui soal hidangan China lebih banyak? Intip 5 faktanya!

1. Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Fakta Hidangan ChinaFakta Hidangan China Foto: iStock

Hidangan China di Indonesia memang jadi favorit banyak orang. Bukan hanya baru-baru ini masuk ke Indonesia, hidangan China konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Menurut catatan sejarah dari berbagai sumber, konon hidangan China dibawa secara resmi pada abad ke-7. Hidangan China ini dibawa para imigran dari Dinasti Tang.

Para imigran China ini mendarat di Pesisir Jawa. Tak heran kalau pengaruh hidangan China terlihat kuat di Pulau Jawa. Setelah dari Jawa, para imigran ini lalu menyebar ke banyak wilayah Indonesia.

Baca Juga: Dibawa Saudagar China, Diracik Oleh Warga Lokal Jadi Sajian Unik

2. Adaptasi hidangan China menjadi makanan lokal

Fakta Hidangan ChinaFakta Hidangan China Foto: iStock

Hidangan di Indonesia banyak dipengaruhi budaya China, apalagi hidangan khas Jawa. Seperti halnya lumpia khas Semarang yang mendapatkan banyak pengaruh dari spring roll gaya China.

Jajanan populer Indonesia lain seperti cakwe dan bakso juga sebenarnya terpengaruh hidangan China. Cakwe dikenal dengan nama You Tiao di China. Berupa roti goreng yang empuk dan rasanya gurih.

Lalu bakso juga mendapatkan pengaruh dari China. Tapi, masyarakat lokal mengadaptasinya dengan daging sapi. Selain bakso dan cakwe, ada juga nasi goreng, capcay, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cita Rasa Masakan Oriental di Resto Artistik Tanah Abang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com