Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur

Devi Setya - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 05:00 WIB
Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit
Jakarta -

Kopi sudah lama dikenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru bahkan mengungkap kalau rutin minum kopi hitam bisa bikin panjang umur.

Kandungan kafein dalam kopi mampu membuat dorongan semangat, memperbaiki mood dan meningkatkan daya fokus. Kopi juga bisa meningkatkan aliran darah sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit kardiovaskular seperti jantung dan kanker.

Dan ada kabar baik lain yang harus diketahui oleh para pencinta kopi. Dilansir dari Express (11/11) minum kopi hitam secara rutin terbukti bisa memperpanjang umur.

Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang UmurRutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit

Para peneliti mengungkap, dengan konsumsi dua cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan harapan hidup. Dari penelitian yang dilakukan, para penikmat kopi berpotensi memiliki umur dua tahun lebih panjang dibanding orang-orang yang tak terbiasa minum kopi.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Epidemiology ini dilakukan sebagai lanjutan dari penelitian sebelumnya soal manfaat minum kopi. Hingga kini setidaknya ada 40 penelitian yang sudah dilakukan terkait kopi.

Penelitian ini melibatkan 3.852.651 peserta dan mengidentifikasi 450.256 penyebab kematian. Dari ratusan ribu kemungkinan penyebab kematian ini memiliki hubungan dengan usia, berat badan, kebiasaan konsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan kebiasaan minum kopi.

Seperti apa hasil studi yang dirilis para peneliti? Lihat di halaman selanjutnya.

1. Kopi membuat lebih pintar

Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang UmurRutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit

Dalam beberapa tahun dan dekade terakhir, para ilmuwan telah mempelajari efek kopi pada berbagai aspek kesehatan. Banyak peneliti yang menemukan bukti kalau kopi bukan hanya membuat orang lebih fokus tetapi juga lebih pintar.

Kafein dalam kopi bekerja di otak dengan cara menghambat neurotransmitter yang disebut adenosin. Hal ini membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan menjaga fungsi kerja otak.

2. Kopi bikin panjang umur

Perpustakaan Nasional AS dari Institut Kesehatan Nasional AS membuat penelitian besar soal hubungan konsumsi kopi dengan risiko kematian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan kalau para peminum kopi punya risiko kematian lebih rendah.

Efeknya bisa terlihat jelas pada pasien diabetes tipe 2. Penelitian ini menyimpulkan peminum kopi memiliki risiko kematian 30 persen lebih rendah selama periode 20 tahun.

3. Kopi sumber antioksidan

Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang UmurRutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit

Secara alami, kopi mengandung vitamin dan mineral yang cukup banyak. Kopi juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu menjaga tubuh dari paparan radikal bebas.

Orang yang minum kopi secara rutin juga terbukti memiliki risiko lebih rendah terkena Alzheimer dan parkinson. Kopi mampu meningkatkan kesehatan hati, membantu membakar lemak dan memberi dorongan stamina.

Rangkaian penelitian ini berlaku untuk konsumsi kopi hitam tanpa tambahan bahan apapun, termasuk gula dan krimer. Minum dua cangkir kopi hitam dalam sehari menjadi porsi ideal untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus memuaskan selera.



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com